Ribuan Santri TPA-TPQ di Agam Ikuti Pawai Taaruf sambut Tahun Baru Islam

id pawai muharam

Ribuan Santri TPA-TPQ di Agam Ikuti Pawai Taaruf sambut Tahun Baru Islam

Ribuan santri TPA dan TPQ Kecamatan Lubukbasung, Kabupaten Agam, mengikuti pawai taaruf, Minggu (1/9). (Antara/istimewa)

Lubukbasung, (ANTARA) - Ribuan santri TPA dan TPQ di Kecamatan Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat mengikuti apel akbar dan pawai taaruf dalam rangka syiar tahun baru Islam 1 Muharam 1441 Hijriah di halaman kantor bupati itu, Minggu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Martias Wanto bertindak selaku pembina apel sekaligus melepas peserta pawai dengan menempuh rute dengan star di halaman kantor bupati, Simpang Tiga Bundaran, Simpang Lapau Talang, Simpang Empat Tangah dan finis di Masjid Agung Nurul Falah.

"Kami mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada PHBI dan panitia penyelenggara, serta segenap tokoh masyarakat yang telah menyelenggarakan kegiatan ini," kata Sekda Agam.

Apel dan pawai merupakan penutup penyelenggaraan peringatan tahun baru Islam yang sudah digelar sejak Sabtu (31/8) sore.

Menurut Sekda, penyambutan tahun baru Islam tingkat kabupaten kali ini luar biasa yang dilaksanakan secara besar-besaran.

Kegiatan itu tidak hanya di kabupaten, rata-rata seluruh kecamatan dan nagari juga ikut menyemarakan.

“Kepada santri diingatkan bahwa saat ini kita merayakan tahun baru Islam 1 Muharram 1441 hijriah, bukan tahun baru masehi. Ke depan Insya Allah akan dilaksanakan lagi dan lebih baik dari sekarang,” katanya yang juga Ketua PHBI Agam.

Ia meminta momen ini dijadikan ajang menuju ke arah lebih baik, dengan cara meningkatkan aktivitas hafalan Al Quran serta memahami kandungannya lebih dalam lagi. Serta memperbanyak kegiatan keagamaan supaya menjadi umat yang berilmu pengetahuan dan berakhlakul kharimah.

“Kepada orang tua dan guru TPA bekali anak dengan keterampilan budaya yang dimiliki sebagai warisan," katanya.