6.215 ekor sapi dan kambing disembelih di Solok

id Idul Adha,Kabupaten Solok,Kemenag Solok

Kegiatan kurban di salah satu tempat di Kabupaten Siak.(Antaranews/Bayu AA)

Arosuka (ANTARA) - Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok, Alizar menyebutkan 6.215 ekor hewan kurban disembelih pada hari raya Idul Adha 1440 H ini di daerah itu, jumlah ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu yang berjumlah 3.000 ekor.

“Semuanya tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Solok. Itu baru data sementara yang kami terima pada Minggu (11/8) sore, kemungkinan masih ada penambahan,” kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok, Alizar di Arosuka, Senin.

Ia mengatakan selain diselenggarakan oleh jamaah masjid dan mushala, kurban tersebut juga dilaksanakan oleh instansi pemerintahan dan sekolah.

Pihaknya mengapresiasi semangat kaum muslimin yang begitu antusias melaksanakan ibadah kurban sesuai tuntunan syariat Islam. Karena dari pengamatannya, jumlah kurban di daerah itu selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya.

"Kami bangga dengan semangat kaum muslimin yang ikut berkurban. Bahkan jumlahnya dari tahun ke tahun selalu meningkat,” ujarnya.

Peningkatan jumlah kurban juga terjadi di Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung. Di nagari berpenduduk terpadat di Kabupaten Solok itu, menyembelih sebanyak 223 ekor kurban, terdiri dari 206 ekor sapi dan 17 ekor kambing tahun ini.

Jumlah terbanyak tersebar di Jorong Subarang yaitu 48 ekor sapi dan delapan ekor kambing, berikutnya Jorong Simpang Sawah Baliak sebanyak 30 ekor sapi dan empat ekor kambing, Jorong Bukit Kili 31 ekor sapi, Jorong Kajai 30 ekor sapi, Jorong Perwakilan Batu Kubung 15 ekor sapi.

Sementara di jorong Simpang sebanyak 16 ekor sapi, Jorong Bawah Duku 22 ekor sapi dan lima ekor kambing dan jorong Lubuk Aguang 14 ekor sapi.

Wali Nagari Koto Baru, Afrizal Khaidir menyebutkan jumlah hewan kurban Nagari Koto Baru bertambah tujuh ekor sapi dan tujuh ekor kambing tahun ini, dibandingkan tahun lalu.

"Alhamdulillah antusias masyarakat berkurban semakin tinggi, semoga apa yang dikurbankan menjadi berkah bagi yang menerima," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar