Unand raih peringkat lima MTQ mahasiswa tingkat nasional

id Unand,MTQ Mahasiswa

Unand raih peringkat lima MTQ mahasiswa tingkat nasional

Mahasiswa Unand menangkan lomba Musabaqoh Tilawatil Quran Mahasiswa tingkat Nasional (MTQMN) 2019. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Padang (ANTARA) - Universitas Andalas (Unand) Padang meraih peringkat terbaik kelima pada Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) se-Indonesia ke-16 di Universitas Syiah Kuala Aceh.

"Alhamdulillah, Kampus Unand berhasil meraih nomor urut ke lima tingkat nasional dari seluruh kampus di Indonesia," kata Kepala Bagian Kemahasiswaan Universitas Andalas Yusdial di Padang, Senin.

Lomba MTQMN tersebut diadakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) di Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh sejak 27 Juli hingga 4 Agustus 2019.

Berdasarkan keputusan dewan juri Unand termasuk kampus terbaik yang berada di nomor urut lima dari 17 universitas yang mendapatkan medali. Untuk peringkat pertama diraih Universitas Negeri Malang sebagai juara umum dengan nilai 64 poin.

"Selanjutnya kampus terbaik dua Universitas Barawijaya dengan nilai 63 poin, kampus terbaik tiga diraih oleh kampus Universitas Gadjah Mada 41 poin, Universitas Indonesia 38 poin dan kampus Unand di posisi ke lima dengan jumlah nilai 36 poin," katanya.

Ia juga mengatakan prestasi tersebut merupakan pertama kalinya diraih oleh Unand sejak sekian lama mengikuti lomba MTQMN.

"Dibandingkan tahun lalu 2018, Unand hanya mendapatkan satu medali perak, namun tahun ini selain meraih medali perak, kampus Unand juga berhasil menjadi kampus terbaik nomor lima dari seluruh kampus se Indonesia," kata dia.

Mahasiswa Unand memenangkan delapan cabang lomba MTQMN dari 13 cabang yang dilombakan dengan memperoleh 36 poin, yakni harapan satu dan dua cabang hifzil Quran lima juz, juara satu hifzil Quran 10 juz, juara satu qiraat sab'ah.

"Selain itu, unand juga mendapatkan harapan satu qiraat sab'ah, harapan satu tim fahmil Quran, juara tiga Tartil putri dan harapan tiga debat bahasa Inggris," sambung Yusdial.

Ia juga menambahkan mahasiswa yang mengikuti lomba MTQMN ke Aceh diseleksi melalui tiga tahap yakni peserta yang memenangkan lomba MTQ tingkat Unand, mahasiswa yang memenangkan lomba MTQ tingkat provinsi dan mahasiswa yang mendaftar secara daring.

Menurutnya prestasi yang telah diraih oleh Unand hari ini merupakan sebuah kebanggaan yang perlu ditingkatkan untuk kedepannya.

"Sebagai kampus umum, kami bangga Unand mampu bersaing dengan kampus islami lainnya dengan memperoleh nomor lima terbaik kampus se Indonesia," ujarnya.

Menurutnya untuk memenangkan lomba MTQMN tidak mudah, tentunya kampus Unand lebih giat lagi mempersiapkan mahasiswa untuk lomba MTQMN ke depannya.