Erupsi Tangkuban Parahu, Presiden imbau masyarakat waspada

id jokowi,tangkuban parahu,erupsi tangkuban perahu

Erupsi Tangkuban Parahu, Presiden imbau masyarakat waspada

Presiden Joko Widodo imbau masyarakat waspada erupsi Gunung Tangkuban Parahu di Jawa Barat pada Jumat (26/7/2019). (Bayu Prasetyo)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menanggapi fenomena alam erupsi Gunung Tangkuban Parahu di Kabupaten Bandung meminta masyarakat waspada.

"Masyarakat di sekitar gunung Tangkuban Parahu waspada. Ikuti semua yang disampaikan oleh aparat," kata Presiden di Jakarta pada Jumat petang.

Gunung Tangkuban Perahu yang terletak di perbatasan kabupaten Bandung dan Kabupaten Subang, Jawa Barat berstatus level I atau normal telah terjadi erupsi freatik pada pukul 15:48 WIB.

Menurut keterangan Pusat Vulkanologi, Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM letusan menyebabkan kolom abu setinggi sekitar 200 meter di atas puncak gunung yang tingginya 2.284 mdpl.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan selatan. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi ± 5 menit 30 detik," demikian PVMBG.