Ingin cek kesehatan gratis? Hayo datang ke Taman Imam Bonjol

id Cek kesehatan gratis,Dinkes Sumbar,TP-PKK Sumbar,Taman Imam Bonjol

Ingin cek kesehatan gratis? Hayo datang ke Taman Imam Bonjol

Pemeriksaan kesehatan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat di Taman Imam Bonjol Padang, Rabu (24/7) (ANTARA SUMBAR/Laila Syafarud)

Padang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat berkerja sama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) menggelar pemeriksaan kesehatan secara gratis di taman Imam Bonjol Padang, 24 hingga 26 Juli.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar Linarni Jamil di Padang, Rabu mengatakan kesehatan yang diperiksa yakni cek Inveksi Visual Asam Asetat (IVA) test dan Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti cek tensi, cek tinggi badan, ukur lingkar perut dan gula darah secara gratis.

"Saat ini sekitar 61 orang sudah melakukan periksaan kesehatan yakni 25 orang mengikuti pemeriksaan IVA dan 36 lainnya memeriksa PTM," ujarnya.

Pengunjung harus mendaftar terlebih dahulu setelah itu baru dilakukan pemeriksaan kesehatan berupa cek tensi, timbang berat badan, ukur tinggi badan, dan lingkar pinggang.

Jika terdeteksi menderita gula darah maka akan dilakukan pengecekan gula darah.

Pemeriksaan IVA lebih diprioritaskan untuk wanita yang sudah menikah dan subur.

Menurutnya tujuan pemeriksaan kesehatan ini untuk mengetahui jenis penyakit yang diderita dan melakukan pencegahan kanker sejak dini.

Biasanya kanker disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat.

Selain itu ia juga menambahkan tujuan pemeriksaan kesehatan tersebut untuk menghimbau masyarakat agar berperilaku hidup CERDIK yakni Cek kesehatan secara teratur, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet gizi seimbang, Istirahat yang cukup, Kelola stres (pikiran positif).

Selain itu menurut salah seorang ibu rumah tangga Zulfina yang ikut melakukan pemeriksaan IVA merasa senang dengan adanya kegiatan tersebut karena dengan adanya kegiatan tersebut ia dapat mengetahui penyakit yang dideritanya.

"Alhamdulillah tes IVA saya hasilnya negatif," ujarnya.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga ke-47 (HKG-PKK).

"Selain menghadiri acara HKG-PPK, masyarakat juga dapat memeriksakan kesehatan mereka," ujarnya.