TNI Bersihkan Kompleks Candi Padang Roco Dharmasraya

id Dandim

Dandim 0310/SSD), Sumatera Barat, Letkol Ift Dwi Putranto (kanan), Wali Nagari Siguntur Aswan di Kawasan Candi Padang Roco, Sabtu (18/5) (ANTARA SUMBAR/Ilka Jansen)

Pulaupunjung (ANTARA) - Kodim 0310/SDD menggelar aksi bersih kawasan Candi Padang Roco Nagari Siguntur Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) di sela-sela kegiatan bagi sembako bagi masyarakat kurang mampu di daerah itu.

"Ini gerakan spontan dari teman-teman anggota, kebetulan lawat Candi Padang Roco saya bersama menyempatkan singgah sekaligus bersih-bersih kawasan situs budaya ini," kata Dandim 0310/SSD, Lotkol Inf Dwi Putranto di Pulau Punjung, Sabtu.

Ia menyampaikan selain ke Candi Padang Roco, rombongan juga singgah di Candi Pulau Sawah sekaligus melewati Bukit Lantak yang merupakan akses masyarakat Kecamatan Timpeh menuju Pulau Punjung.

Menurut dia kawasan wisata kompleks Candi Pulau Sawah dan Candi Padang Roco merupakan destinasi wisata bersejarah yang pengembangannya perlu diperhatikan.

"Banyak makna sejarah, bahkan dari hasil penelitian ada dua aliran agama Buddha berkembang secara berdampingan, yaitu Buddha Mahayana dan Buddha Tantrayana," ungkap dia.

Sementara, Wali Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung, Aswat mengapresiasi jajaran Kodim 0310/SSD yang telah menyempatkan singgah Kompleks Candi Padang Roco dan Candi Pulau Sawah.

Ia berharap melalui kenjungan tersebut semakin mengenalkan destinasi wisata sejarah itu ke masyarakat luas.

"Tentu kami sangat berterima kasih kepada TNI yang menyempatkan singgah sekaligus bersih-bersih candi," katanya.

Dandim 0310/SSDLetkol Ift Dwi Purtanto menunggangi motor trail untuk membagikan sembako kapada masyarakat kurang mampu di Kabupaten Dharmasraya.

Bakti Sosial yang digelar dalam rangka memperingati hari jadi Kodam I/BB ke-69, dengan tema "Indahnya Berbagai Sampai Ke Ujung Nagari Di Bulan Ramadhan Penuh Berkah".

Rombongan dengan jumlah sekitar 100 motor trail membawa 20 paket sembako untuk dibagikan kepada masyarakat di Kecamatan Pulau Punjung, Kecamatan Timpeh, Kecamatan Padang Laweh, Kecamatan Tiumang, Kecamatan Koto Baru, dan Kecamatan Sitiung.

Meksi jumlahnya tidak seberapa, Ia berharap bantuan yang diberikan dapat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat.**
Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar