Ngabuburit berkah ala Polres Tanah Datar

id Ngabuburit,Jumat Berkah,Polres Tanah Datar,Ramadhan

Rombongan Polres Tanah Datar foto melakukan Jum'at berkah. (ANTARA SUMBAR/Etri Saputra)

BatusangkarĀ  (ANTARA) - Ngabuburit bukan saja membuat pikiran kita tidak terlalu mengingat pada rasa haus dan lapar, namun bisa juga menjadi aktivitas sosial yang memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.

Seperti ngabuburit bagi anggota Kepolisian Resor (Polres) Tanah Datar, Sumatera Barat, yang membagi-bagikan sembako kepada warga yang membutuhkan.

Lebih kurang 20 kendaran bermotor dari personel kepolisian berseragam lengkap menyisiri jalan di Kecamatan Pariangan di daerah itu. Mulai di Nagari Tabek, Simabua, Sawah Tangah, hingga berbuka di Nagari Tuo Pariangan desa Terindah Dunia.

Jalan yang ditempuh adalah jalan yang memiliki tanjakan dan turunan serta kelokan yang cukup memacu adrenalin. Ada juga jalan melintasi sawah, perkebunan di kaki Gunung Marapi yang membuat hati terasa senang.

"Acara ini kami namakan Jum'at berkah, dan rutin kami lakukan setiap Jum'at dan Ramadhan dengan cara membagikan sembako kepada warga lanjut usia dan kurang mampu," Kata Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas di Batusangkar, Jum'at.

Lebih kurang 20 paket sembako diserahkan langsung oleh Kapolres kepada warga kurang mampu di daerah itu. Dimulai usai Shalat Ashar dan selesai menjelang waktu buka tiba.

Membagikan sembako di bulan Ramadhan yang dinamakan "Jum'at Berkah" sudah menjadi agenda rutin bagi anggota Polri. Semua kecamatan di Tanah Datar akan mendapat giliran sama.

"Tahun sebelumnya ibu-ibu Bayangkari yang membagikan sembako nya. Kalau tahun ini kami gilir, pada hari ini kami bagi personilnya dari Satlantas 10 orang, Satintel 10 orang, kalau Jum'at besok lain lagi orangnya," Katanya.
Kapolres AKBP Bayuaji Yudha Prajas menyerahkan sembako kepada warga (ANTARA SUMBAR/Etri Saputra)


Sembako itu didapat dari iuran anggota Polres Tanah Datar selapas apel pagi setiap Jum'at dengan sumbangan ala kadarnya. Uang itu dikumpul dan ditukar dengan sembako dan diserahkan kepada warga dengan cara Door to door (pintu ke pintu).

Menurutnya membagikan sembako kepada warga yang membutuhkan sebagai mempererat tali silaturahmi antara pihak Polri dengan masyarakat.

Selain itu kehadiran Polisi di tengah masyarakat juga sebagai mitra dengan masyarakat untuk menjaga dan memelihara hubungan persaudaraan guna menciptakan Kamtibmas yang aman dan kondusif.

Kegiatan itu juga diikuti oleh staf dan petugas kepolisian di Polsek. Diantaranya Polsek Pariangan sebagai kecamatan terpilih dilakukanya Jum'at berkah pertama pada bulan Ramadhan 1440 H.

Ngabuburit bermanfaat ini juga disambut antusias warga yang akan menerima sembako, yang sebelumnya sudah ditelusuri latar belakangnya oleh Babinkamtibmas agar sembako tersebut tepat sasaran.

Hal itu tampak jelas dari raut warga yang menerima bantuan saat bercengkrama dengan aparat negara. Saling bertukar cerita dan komunikasi yang alami yang kini jarang bisa ditemui.

Nasrul, Wali Jorong Monas, Nagari Sawah Tangah sangat mengapresiasi Jum'at Berkah yang dilakukan aparat kepolisian di daerahnya.
Rombongan Jumat Berkah Polres Tanah Datar. (ANTARA SUMBAR/Etri Saputra)


Ia mengucapkan terima kasih banyak atas kepedulian Polres Tanah Datar dengan memberikan bantuan sembako kepada warganya, Nurbayana 76.

"Dengan adanya bantuan sembako ini semoga dapat meringankan kesusahan warga Jorong Monas, Nagari Sawah Tangah," Ujarnya.

Sementara Namain (95), Warga Jorong Tanjung Limau, Nagari Simabua tampak terharu atas bantuan sembako yang diberikan Kapolres kepadanya.

Di dampingi keponakan nya, Namain yang tinggal sendiri di rumah miliknya mengucapkan terimakasih kasih atas bantuan sembako tersebut. Ia tidak menyangka rumahnya didatangi sejumlah polisi untuk menyerahkan bantuan sembako.

"Jarang-jarang kami dapat bantuan dari Kapolres. Semoga kebaikan bapak dibalas oleh Allah SWT, semoga kedepannya warga yang kurang mampu lainnya juga bisa mendapatkan sembako ini," Ujar Upik keponakan Namain.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar