Permudah pelayanan masyarakat, Pemkab Solok luncurkan "Quick Win Smart City"

id Quick Win Smart City,Bupati Solok,Gusmal,e-goverment

Permudah pelayanan masyarakat, Pemkab Solok luncurkan "Quick Win Smart City"

Bupati Solok, Sumatera Barat, Gusmal. (Dok. Bagian Humas Setdakab Solok)

​​​​​​​Arosuka (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat, meluncurkan program "Quick Win Smart City" atau program percepatan kota cerdas dalam memudahkan memberikan pelayanan kepada masyarakat di daerah itu.

Peluncuran "Quick Win Smart City" merupakan bagian penting dalam perkembangan pemerintah dan masyarakat Kabupaten Solok untuk masa mendatang, kata Bupati Solok, Gusmal di Arosuka, Senin.

Ia menyebutkan pelbagai aplikasi diluncurkan untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

Beberapa aplikasi Quick Win dari unggulan program smart city, yaitu aplikasi Saiyo RSUD Arosuka, Sikda Generik untuk pelayanan di Puskesmas, Sipar Arosuka untuk pelayanan perizinan, dan Pakalipular untuk pelayanan Disdukcapil.

Pemanfaatan teknologi saat ini merupakan salah satu bentuk usaha pemerintah dalam memajukan daerah dalam mewujudkan visi misi daerah dengan empat pilarnya, ujarnya.

Ia berharap seluruh masyarakat menggunakan aplikasi yang diluncurkan dengan baik, sehingga aplikasi yang ada sekarang bisa terus dikembangkan.

Peluncuran aplikasi smart city ditandai dengan pelepasan burung merpati oleh Bupati beserta jajarannya, dan dilanjutkan dengan peninjauan stand dari berbagai dinas yang aplikasinya baru saja diluncurkan.

Sekaligus di waktu yang sama, Bupati juga meresmikan pemakaian gedung baru untuk unit tranfusi darah di RSUD Arosuka, pemakaian ruang rawat inap VIP dan juga musholla RSUD.

Sementara Kepala Barenlitbang Kabupaten Solok, Dusral mengatakan smart city merupakan konsep pengelolaan daerah berkelanjutan dan berdaya saing yang dibangun untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih aman, lebih muda, lebih sehat dan lebih makmur.

Dengan cara memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi serta inovasi yang diarahkan untuk perbaikan kinerja, meningkatkan efektivitas dan melibatkan partisipasi masyarakat

Pihak akan menyosialisasikan program unggulan Kabupaten Solok agar terjalinnya sinergitas yang kuat antara seluruh unsur dalam penyelenggaraan smart city.

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumbar diwakili oleh Sekretaris Nofrida Yetti, mengapresiasi pemerintah setempat yang telah meluncurkan empat aplikasi unggulan dari program smart city dalam rangka membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya.

"Konsep smart city ini akan membuat layanan e-goverment dapat lebih cepat implikasinya kepada masyarakat, dan hal ini bisa meningkatkan produktivitas daerah atau daya saing ekonomi," katanya.