Humas Pemkab Solok studi tiru ke Pemkot Medan

id Humas Pemkot Medan,Studi Tiru,Humas Pemkab Solok

Kabag humas Pemkot Medan Ridho Nasution bersalaman saat bertukar plakat dengan Kabag Humas Pemkab Solok, Elafki. (Antara Sumbar/ Tri Asmaini)

Medan (ANTARA) - Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat, bersama 29 wartawan yang melakukan peliputan di daerah itu melakukan studi tiru tentang hubungan wartawan dengan Pemerintah Kota Medan dalam menjalin kerja sama.

Wali Kota Medan Teuku Dzulmi Eldin diwakili Kabag Humas setempat Ridho Nasution di Medan, Rabu mengatakan media atau rekan pers adalah bagian penting dalam menyampaikan pembangunan daerah dan merubah pemikiran masyarakat dalam hal-hal yang buruk.

"Kawan-kawan media memberikan pengaruh, kritik dan saran yang cukup baik dalam pembangunan dan kemajuan daerah," sebutnya.

Menurutnya, pemerintah membutuhkan penyebaran informasi dan publikasi ke masyarakat agar mereka tahu sejauh mana pembangunan dan yang telah dilakukan pemerintah daerah.

Ia menyebutkan wartawan bisa meyakinkan pemerintah agar dapat menjalin kerja sama dan hubungan yang baik jika saling menghargai dan menghormati profesi masing-masing.

Walaupun, pihaknya juga menyebutkan wali kota juga menerima dengan baik kritikan dan saran dari wartawan dan menyikapi dengan baik jika ada pemberitaan yang buruk ataupun negatif.

Apalagi Medan termasuk kota terbesar di Sumatera dan tiga kota besar baru di Indonesia. "Jadi cukup banyak media yang ada baik harian, mingguan dan online," katanya.

Kota Medan terdiri dari 21 kecamatan dengan jumlah penduduk sekitar 2,4 jiwa terdiri berbagai ras, suku dan agama. Sehingga warga kota cukup damai dan berdampingan karena beragam.

Ia menyebutkan sekitar 126 media yang bekerja sama dengan Pemkot Medan, terdiri dari 25 media harian, 35 mingguan dan 66 online.

Selain itu, humas Medan dan wartawan sering melakukan aksi bakti sosial, kunjungan wartawan ke luar daerah, gelar donor darah dan berbagai kegiatan lainnya.

Sementara itu, Kabag Humas Kabupaten Solok, Elafki mengatakan tujuan bagian Humas dan insan pers ke Kota Medan untuk menggali dan bertukar informasi dari segi pembangunan dan bagaimana hubungan wartawan dan Pemko Medan terjalin.

"Saya berharap hal-hal baik yang ada di humas Medan dan hubungan dengan wartawan dapat ditiru oleh humas Kabupaten Solok," ujarnya.

Selain itu, Ia berharap wartawan daerah dapat belajar banyak hal dari humas dan wartawan Medan sehingga dapat diterapkan di Solok. (*)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar