Persiapan UN SMP Di Pasaman Barat 90 Persen

id Persiapan Ujian Nasional,UN SMP Pasaman Barat,Pendidikan Pasaman Barat

Persiapan UN SMP Di Pasaman Barat 90 Persen

Bupati Pasaman Barat, Syahiran didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Marwazi meninjau ujian Nasional Sekolah Dasar 2018 di SD 02 Pasaman, Kamis (3/5). (Antara Sumbar/Altas Maulana)

Simpang Empat, Sumbar (ANTARA) - Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Persiapan pelaksanaan ujian nasional tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) sudah melebihi 90 persen.

"Persiapan sudah 90 persen karena dari total peserta ujian nasional sudah melakukan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)," kata Kepala Dinas Pendidikan Pasaman Barat, Marimus di Simpang Empat, Kamis.

Menurutnya seluruh sekolah penyelenggara di Pasaman Barat sudah melakukan persiapan maksimal.

"90 persen sudah melaksanakan UNBK sedangkan sisanya masih melakukan ujian nasional berbasis kertas dan pensil," ujarnya.

Ia mengatakan seluruh sekolah peserta UNBK sudah melakukan persiapan dan beberapa kali simulasi. Meskipun beberapa sekolah peserta UNBK masih menumpang di sekolah lain karena kekurangan komputer. Namun hal itu tidak menjadi kendala yang berarti.

Sementara itu peserta Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) yang pada umumnya didominasi sekolah terpinggir juga melakukan persiapan mental dan kemampuan siswa untuk menguasai materi sehingga lebih mudah saat menjalan ujian nasional.

Pihaknya berencana tahun depan seluruh SMP sederjat di daerah itu bisa melakukan UNBK.

Berbagai persiapan dan penambahan sarana terus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan komputer dan jaringan internet di sekolah atau sekolah terdekat sebagai penyangga.

Ia meminta guru dan siswa bisa bekerja maksimal untuk menyukseskan ujian nasional tersebut.

Salah satunya dengan melakukan kegiatan belajar tambahan dan simulasi mandiri bagi peserta UNBK.

"Kepada orangtua dan wali murid juga harus ikut melakukan pengawasan dan mengarahkan anak untuk belajar," harapnya.(*)