3.949 siswa SLTP di Agam ikuti UNBK

id UNBK,Jumlah siswa di Agam ikut UNBK,UNBK di Agam

3.949 siswa SLTP di Agam ikuti UNBK

Ilustrasi - Peserta mengerjakan soal bahasa Indonesia dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Kejar Paket C di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (27/4). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/pras/18

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 3.949 dari 4.909 siswa SLTP di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, bakal mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada 22-25 April 2019.

Kepala Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam, Firzal di Lubukbasung, Selasa, mengatakan 3.949 siswa itu berasal dari 45 sekolah tersebar di 16 kecamatan di daerah itu.

Dari 45 sekolah itu, imbuhnya 25 sekolah melaksanakan UNBK secara mandiri dan 20 sekolah melaksanakan di sekolah lain.

Menjelang UNBK, tambahnya para siswa ini akan mengikuti belajar tambahan untuk mata pelajaran matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA.

Setelah itu mengikuti latihan dalam membahas soal yang bakan diuji dan komputer sebanyak dua kali pertemuan. Uji coba manual sebanyak tiga kali pertenuan.

"Ini bertujuan agar siswa bisa menyelesaikan seluruh jawaban, sehingga memiliki nilai yang bagus," katanya.

Selain siswa mengikuti UNBK, sebanyak 960 siswa dari 16 sekolah juga mengikuti ujian nasional kertas pensil (UNKP).

Ia menambahkan, pihaknya akan mengusulkan penambahan komputer dan penambahan jaringan internet ke sekolah yang belum melaksanakan UNBK.

Pada 2019, sebanyak sembilan sekolah mendapatkan bantuan komputer dari dana alokasi khusus dan tiga sekolah dari dana insentif.

"Pada 2020, kita mengusulkan 20 sekolah mendapatkan bantuan komputer," katanya.

Sementara itu, Wakil Kepala SMPN 6 Palembayan, Adriwandi menambahkan, sekolah itu mengikuti UNKP dengan jumlah siswa 34 dari 70 siswa dan pelaksanaan ujian itu di SMPN 6 Palembayan.

"Sebelumnya siswa mengikuti UNKP bergabung di SMPN 3 Palembayan dan pada tahun ini kita menyelenggarakan sendiri," katanya. (*)