Padang kejar target capaian imunisasi MR

id imunisasi,Imunisasi measles dan rubella

Padang kejar target capaian imunisasi MR

Ilustrasi imunisasi campak (ANTARA FOTO/Maulana Surya.)

Padang, (Antaranews Sumbar)- Dinas Kesehatan Kota Padang berupaya mengejar pencapaian program imunisasi measles dan rubella (MR) yang hingga 28 November 2018 baru sebanyak 49,2 persen dari target 95 persen.

"Dari 227.851 jiwa sasaran imunisasi campak dan rubella di Kota Padang hingga saat ini yang baru diimunisasi baru sebanyak 112.331 anak dengan rentang usia 9 bulan sampai 15 tahun," kata Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Padang Tut Wuri Handayani di Padang, Rabu.

Ia merinci dari 112.331 orang yang telah diimunisasi untuk tingkat SD sebanyak 51.504 jiwa, SMP 29.889 jiwa dan yang dilakukan di Posyandu dan fasilitas kesehatan lainnya sebanyak 30.938 jiwa.

Sementara jumlah anak yang belum diimunisasi untuk tingkat SD sebanyak 42.990 jiwa, SMP 17.085 dan di Posyandu dan fasilitas kesehatan lainnya 55.445 jiwa.

Dinas Kesehatan mengharapkan semua unsur dan masyarakat dapat bersama-sama saling mendukung kegiatan imunisasi campak dan rubella sebagai bentuk ikhtiar untuk meningkatka kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya suatu penyakit tertentu.

"Anak-anak saat ini adalah aset bangsa dan kita berkewajiban menjadikan mereka sehat dan mencegah tertular penyakit campak dan rubella," katanya.

Terkait dengan pendapat yang menyatakan vaksin tersebut belum jelas status kehalalan ia menyampaikan mengacu kepada Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 33 2018 tentang Penggunaan Vaksin MR dari SII (Serum Intitute of India) dibolehkan untuk imunisasi karena keterpaksaan dan belum ditemukan vaksin MR yang halal dan suci.

Tut Wuri menjelaskan campak dapat menyebabkan komplikasi mulai penyakit radang paru, radang otak, gizi buruk, kebutaan bahkan sampai kematian.

Sedangkan penyakit rubella dapat menyebabkan bila menular ke ibu hamil pada awal kehamilan dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan bagi bayi yang baru lahir.

Untuk mengejar target Dinas Kesehatan Padang terus melakukan berbagai upaya bagaimana target 95 persen imunisasi MR bisa tercapai.

"Kami melakukan sosialisasi ulang kepada kepala SD dan SMP selaku memiliki kelompok anak terbanyak yakni 90 ribu murid di sana," katanya.

Kemudian juga menggandeng ulama dan penyuluh yang ada di Kota Padang, bersinergi dengan Forkopimda seperti Polresta, Kodim 0312/Padang, Kejari dan instansi terkait.

Selain itu juga melakukan penyuluhan secara berkelompok bagaimana menjelaskan kepada masyarakat bahwa pentingnya imunisasi MR bagi anak mulai berusia 9 bulan sampai 15 tahun. (*)