Sumbar Expo 2019 digelar di Medan

id Sumbar expo

Sumbar Expo 2019 digelar di Medan

Wagub Nasrul Abit saat silaturahim di Makasar. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Sumbar Expo 2019 sebagai salah satu upaya memperkenalkan potensi daerah di nusantara, akan dilaksanakan di Kota Medan, Sumatera Utara, kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat menjalin silaturahim di rumah dinas Wakil Wali Kota Makassar.

“Dipilihnya Medan sebagai tuan rumah salah satu alasannya permintaan Ikatan Keluarga Minang yang ada disana dan tentunya juga seluruh masyarakat Minang yang ada disana juga” ujarnya.

Untuk Sumbar Expo 2019, Wagub menjelaskan akan terlebih dahulu melakukan evaluasi Sumbar Expo 2018 di Makasar, setelah itu baru penjajakan di Medan.

“Kekurangan-kekurangan akan diperbaiki, sehingga produk-produk yang ditampilkan tersebut benar-benar dikenal dan masyarakat disitu mau membeli. Kabupaten/ Kota harus bisa menyajikan dan mengemas produk-produk unggulan mereka, sehingga jangka panjang nya akan memancing wisatawan untuk datang ke daerah tersebut,” sebutnya.

Selanjutnya ia berharap dengan pelaksanaan Sumbar Expo tersebut kunjungan wisatawan ke Sumbar akan terus meningkat terutama wisatawan yang berasal dari Makassar.

“Barangkali selama ini anggapan masyarakat Makassar, Sumbar itu jauh, namun dengan sudah adanya penerbangan langsung ke Padang tentu ini membuka pintu agar masyarakat Sulsel bisa berwisata ke Sumbar, ditambah lagi secara sejarah orang Minang mempunyai keterkaitan dengan orang Makassar” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal menyampaikan dampak Sumbar Expo bagi kota Makassar yakni membuka peluang dan kesempatan bahwa ternyata Sumbar itu dengan segala macam potensinya bisa memberikan peluang besar untuk bekerjasama.

“Bagaimana pun juga secara kultur, masyarakat Makassar mempunyai kedekatan emosional dengan Minangkabau sehingga bisa menjadi perekat dan pendorong untuk kerjasama yang panjang ke depannya” terang Syamsu Rizal.

Lanjut, menurut Syamsu Rizal yang juga Sumando orang Minang, karakteristik orang Minang dengan orang Makassar hampir sama, yakni sama-sama perantau, sehingga Sumbar Expo ini akan membuka jalan bagi pengusaha-pengusaha lokal di Makassar untuk mencoba peluang yang ditawarkan oleh Sumbar.

Selain itu dia mengatakan kontribusi orang Minang di Makassar luar biasa karena orang Minang itu terkenal berbisnis tapi jarang melanggar aturan, karena hampir sebagian besar orang Minang disini membuka usaha rumah makan, jarang yang menjadi pedagang kaki lima dan bisa mengikuti aturan sehingga ini kami jadikan contoh bagi yang lain ditengah beragamnya masyarakat di Makassar ini.

“Selain itu kami juga mengajak dan mengikutsertakan orang Minang disini untuk ikut dalam berbagai kegiatan apalagi ketika ada kegiatan-kebudayaan. Artinya kami menganggap apa yang dilakukan oleh orang Minang memberikan hal yang positif bagi pemerintahan,” tutupnya. **