13 Tim ikuti kejuaraan Nasional di Padang

id barongsai

13 Tim ikuti kejuaraan Nasional di Padang

Pembukaan kejurnas Barongsai di Padang, Jumat (9/11) (Antara Sumbar/istimewa)

Padang, (Antaranews Sumbar) Sebanyak 13 tim mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Federasi Olahraga Barongsai 2018 di Padang, Sumbar yang dipusatkan di GOR Himpunan Bersatu Teguh (HBT),

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) merasa bangga dengan mengapresiasi atas ditunjuknya Sumbar, sebagai tuan rumah diadakannya kejuaraan barongsai tingkat nasional, kata Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumbar, Alwis Jumat malam pada acara pembukaan

"Saya yakin bahwa kejuaraan ini akan melahirkan perkumpulan yang berprestasi pada tingkat internasional dan menjadi pemuncak di kejuaraan internasional nantinya," kata dia.

Ia mengajak para pesertabertanding secara sportif dan hati-hati. Karena olahraga Barongsai menurutnya salah satu cabang olahraga unik dan mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi.

Disamping sebagai cabang olahraga, barongsai terlahir dari sebuah seni dan budaya masyarakat Tionghoa nan mengandung keindahan.

Olahraga barongsai dan naga merupakan kekayaan, keanekaragaman dari berbagai etnik yang ada di daerah terutama di Sumbar terkhususnya dan Indonesia, kata dia.

Ia berharap kegiatan seperti ini dikembangkan terus dari generasi ke generasi agar kita tidak kehilangan seni dan budaya sebagai aset daerah dan aset bangsa.

Perhelatan Kejurnas FOBI 2018 di Padang, Sumbar berlangsung sejak Jumat (9/11) dan akan berakhir Minggu (11/11).

Sebanyak 13 provinsi di Indonesia mengirimkan kontingen atlet termasuk official pendamping untuk ikut dalam sembilan kategori laga tanding.

Ketigabelas pengprov tersebut, yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumbar, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawat Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan dan Riau.

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengapresiasi atas terlaksananya Kejurnas Federasi Olahraga Barongsai Indonesia 2018 di Padang, Sumbar.

Ia juga mengapresiasi atas perjuangan yang dilakukan oleh Iswanto Kwara, anggota DPRD Kota Padang, yang mencurahkan anggaran pokok pikiran (pokir) anggota dewan untuk bidang olahraga dan berkelas nasional.

Mari bersama-sama memiliki visi yang sama bagaimana meramaikan daerah dengan beberapa komponen yang kita miliki, seperti kebudayaan, seminar, pertemuan dan lainnya dalam rangka meramaikan Kota Padang," ujarnya.

Turut hadir saat pembukaan, Alex Indra Lukman, tokoh masyarakat Sumbar, yang juga anggota DPR RI dari Dapil Sumbar I, Ketua Umum Pengurus Besar Federasi Olahraga Barongsai, Dahlan Iskan diwakili Sekjend PB FOBI, Xaverius, KONI Sumbar, Dispora Padang, anggota DPRD Padang, tokoh pemuda olahraga Sumbar, para Pengurus Pengprov FOBI se-Indonesia, Wali kota Padang dan para pengurus dari masing-masing organisasi perkumpulan Himpunan