UNP anugerahi Anwar Ibrahim Doktor Honoris Causa

id Anwar Ibrahim,UNP

UNP anugerahi Anwar Ibrahim Doktor Honoris Causa

Mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia Dato Seri Anwar Ibrahim menerima gelar kehormatan doktor honoris causa dari Universitas Negeri Padang, Senin (Antara Sumbar/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat menganugerahi mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia Dato' Seri Anwar Ibrahim gelar doktor honoris causa karena dinilai berperan dalam pendidikan politik.

Pemberian gelar tersebut dihadiri Presiden ke-5 Indonesia Megawati Soekarnoputri, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, tokoh nasional Fahmi Idris dan lainnya di Auditorium UNP Kota Padang, Senin.

Ia menjadi tokoh kedua yang diberikan gelar doktor honoris causa oleh Universitas Negeri Padang dalam dua tahun ini. Sebelumnya Presiden ke-5 Indonesia Megawati Soekarnoputri juga menerima gelar yang sama pada September 2017

Pemberian gelar doktor HC Anwar Ibrahim ini dipromotori oleh Prof Famhi Idris, Prof Sufyarma Marsidin, Prof Mestika Zed dan Prof Irwan Prayitno.

Rektor Universitas Negeri Padang Prof Ganefri mengatakan ada sejumlah alasan yang membuat pihaknya memberikan gelar doktor kehormatan kepada mantan pemimpim oposisi Malaysia tersebut.

Pemberian gelar doktor kehormatan kepada Anwar Ibrahim berdasarkan kiprahnya dalam kancah politik Malaysia. Sebagai tokoh reformasi di Negeri Jiran, Anwar difitnah, dizalimi dan keluar masuk penjara sebelum akhirnya memenangkan pemilu dan kini terpilih sebagai anggota parlemen Malaysia.

Anwar juga digadang-gadang bakal meneruskan perjuangan Mahathir Mohamad sebagai Perdana Menteri.

"Dato Seri Anwar merupakan pengagum orang Minangkabau. Kami sempat mengikuti jejak dan mempelajari profil beliau. Dan kami semua tersentak dan menitikkan air mata," katanya.

Dirinya memandang bahwa pengalaman hidup Anwar Ibrahim bisa dijadikan pembelajaran dan teladan bagi generasi muda untuk berpolitik. Jatuh bangun karir Anwar juga diyakini memberikan inspirasi bagi politisi di Malaysia dan Indonesia untuk tetap mementingkan kepentingan rakyat.

"Yang dengan penuh perjuangannya, saat ini telah berhasil memenangkan partainya memerintah negara Malaysia," kata Ganefri.

Sementara Dato Seri Anwar Ibrahim mengapresiasi kampus UNP yang mempercayakan gelar doktor kehormatan kepada dirinya. Ia mengaku ada alasan khusus mengapa akhirnya dirinya mau menerima gelar tersebut. Salah satunya adalah kedekatan emosional antara dirinya dengan orang Minang.

Anwar sendiri baru saja memenangkan pemilu sela di wilayah Port Dickson, Negeri Sembilan, Malaysia. Negara Bagian Negeri memang dikenal dengan populasi penduduk keturunan Minangkabau yang cukup banyak. Anwar juga mengaku bahwa dirinya banyak mengagumi pahlawan asal Sumatra Barat, seperti Bung Hatta, M Yamin, hingga Sutan Syahrir.

"Banyak yang bilang kalau tidak sedikit orang Minang dukung saya," kata Anwar.

Ia mengatakan terkesan dengan kunjungannya ke ranah minang, dirinya terkesima dengan keramahan orang Minangkabau.

"Saya ucapkan sekali lagi terimakasih. Seluruh profesor atas pencerahan yang diberikan kepada saya," jelasnya. (*)