LLDIKTI X: 19 mahasiswa raih enterpreneur award II

id LLDiktiX

LLDIKTI X: 19 mahasiswa raih enterpreneur award II

Para pemenang Enterpreneur Award 2018 (Istimewa)

Padang, (Antaranews Sumbar ) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah X mengumumkan sebanyak 19 mahasiswa memenangkan Enterpreneur Award II 2018 yang digelar di Universitas Islam Riau.

Ketua LLDikti Wilayah X Prof Herri mengatakan para pemenang terbagi dalam dua kategori yakni kateogori bisnis berjalan dan rencana bisnis, masing-masing kategori dimenangkan oleh sembilan mahasiswa di wilayah kerja LLDikti wilayah X yang meliputi Provinsi Sumatera Barat, Riau, Kepualauan Riau dan Jambi

Ia menjelaskan para pemenang dalam kategori usaha berjalan adalah Friedrick Yehezkiel dari STTIND Padang dengan usaha Depot Air Minum Eki Water, Gusfriadi dari Universitas Islam Riau dengan usaha Jasa Pembuatan Peta, Yudha Aidil Alifa dari Unilak dengan usaha Berkah Bersama Snack dan Hengky Pratama Nasution dari UPI YPTK Padang dengan usaha Hot Pangsit Nyonyor.

Kemudian Rahmat Zanova dari STKIP PGRI Sumbar dengan usaha Lumina: Photography dan Cinematography, Ajat Kurnia dari STIE Muhammadiyah Jambi dengan usaha Kursus Kampung Inggris Jambi, Anggia Silfia dari Universitas International Batam dengan usaha Makata Sunakku, Risman Hasibuan dari Universitas Batanghari Jambi dengan usaha Kalanagan/Mambelok, dan Ali Yusra dari Unilak dengan usaha Karanggo.

Sementara pemenang Enterpreneur Award LLDikti 2018 dalam kategori rencana bisnis adalah Tengku Said Muhamad Farid dari UIR dengan judul Budidaya Cacing Sutra Menggunakan Wadah Bertingkat dengan Sistem SCRS, Devi Alviani dari STIE Indragiri Rengat dengan judul Pasta Gigi Z.O Dyne, Rizka Harumanti dari Unilak dengan judul Budidaya Manggot Bsf sebagai Alternatif Pakan Ternak dan Chandra Saputra dari Universitas Baiturrahmah dengan judul Aplikasi Santun Studio.

Selanjutnya Ma'ruf dari STTIND Padang dengan judul Tandu Pintar, Rozy Seprinalfi dari Universitas Dharma Andalas dengan judul Produk Kerajinan Bernilai Seni dan Teknologi Berbasis Cnc Mini Rauter, Azlina Putri Laia dari Universitas Universal dengan judul Hydro Love Life.

Setelah itu Haikal Malik Pranasta dari Universitas Dharma Andalas dengan judul Produk-produk Kreatif 3 Dimensi Berbahan Plastik Menggunakan Teknologi Mini 3d Printing, Gebi Arika Putra dari STKIP PGRI Sumbar dengan judul Kamboja Store, dan Septina Robi dari STTIND Padang dengan judul Mining Engineering Accessories.

Ia mengatakan entrepreneur muda diharapkan mampu menjadi solusi dalam mencapai kesejahteraan dan berkontribusi nyata terhadap perekonomian nasional.

“Kami beharap para pemenang ini dapat menjadi pengusaha sukses dengan bisnis yang telah dan akan mereka kembangkan,” katanya.

Sementara Pengarah Entrepreneurship Award II 2018 Prof Musliar Kasim mengapresiasi kepada penggagas dan pelaksana Enterpreneur Award dapat berjalan dengan baik dan sangat diminati oleh mahasiswa di wilayah kerja LLDikti X

Menurut dia suatu negara tidak akan maju kalau pengusahanya sedikit, negara akan maju apabila jum;lah pengusaha di atas 10 persen

“ Kita harus memupuk dan mengembangkan kegiatan kewirausahaan di kampus. Perguruan tinggi tidak mendidik mahasiswa untuk hanya menjadi PNS tetapi jadikan mereka pengusaha muda,” kata dia.*