Persiapan TdS Kota Solok capai 85 persen, kata Kadis Pariwisata

id Elvy Basri

Persiapan TdS Kota Solok capai 85 persen, kata Kadis Pariwisata

Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok, Elvy Basri. (Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Saat ini Kota Solok sudah siap dari segi infrastruktur sekitar 85 persen, dan 15 persen lagi sedang tahap pengerjaan, dan diperkirakan rampung dalam waktu dekat ini, mengingat perhelatan TdS masih tersisa waktu kurang lebih satu bulan lagi
Solok, (Antaranews Sumbar) - Persiapan Tour de Singkarak (TdS) 2018 di Kota Solok, Sumatera Barat yang berada pada etape enam telah mencapai 85 persen dari segi infrastruktur jalan, akomodasi transportasi dan penginapan.

"Untuk menyambut perhelatan TdS ini, kami sudah melakukan perbaikan infrastruktur jalan berlubang dengan pengaspalan, perbaikan trotoar, dan peremajaan fasiltas umum yang dibutuhkan," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok, Elvy Basri di Solok, Rabu.

Ia mengatakan untuk pelaksanaan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan, Pekerjaan Umum, Perumahan dan Permukiman, dan OPD terkait yang terlibat agar kegiatan ini terselenggara dengan baik.

Untuk infrastruktur jalan telah melakukan penataan ulang pada jalan baik trotoar dicat kembali, begitu juga pembenahan got-got di seluruh wilayah Kota Solok baik dari segi bangunan juga segi kebersihan.

Dinas PU juga telah melalukan perbaikan dan pengaspalan jalan-jalan yang berlubang, dan rusak pada sejumlah jalan utama di Kota Solok, juga jalan-jalan yang ada di sekitar perumahan yang dilakukan secara bertahap.

"Saat ini Kota Solok sudah siap dari segi infrastruktur sekitar 85 persen, dan 15 persen lagi sedang tahap pengerjaan, dan diperkirakan rampung dalam waktu dekat ini, mengingat perhelatan TdS masih tersisa waktu kurang lebih satu bulan lagi," ujarnya.

Untuk kesenian dan tari-tarian pihaknya juga telah menyiapkan, mengingat Solok mulai dilewati peserta TdS pada 9 November 2018 pukul 14.00, dan masuk etape enam dengan garis start berada di depan Lapangan Merdeka, Solok dan finis di Kota Payakumbuh.

Pihaknya juga telah mengumpulkan beberapa agen perjalanan dan pimpinan hotel di Kota Solok, untuk membenahi berbagai fasilitas baik kendaraan maupun fasilitas penginapan agar menciptakan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan lokal dan mancanegara yang akan berkunjung untuk menyaksikan.

"Sehari sebelum berlangsungnya TdS ini, Kami juga mengadakaan city tour dulu bagi peserta TdS, dengan keliling Kota Solok untuk memperkenalkan objek- objek wisata yang ada," katanya.

Meskipun beberapa tempat pariwisata masih tahap renovasi, dan belum seindah tempat lainnya, tapi Laing Park, Pulai Belibis, Taman Syekh Kukut, Sawah Solok, Solok Water Park masih bisa dikunjungi, dan juga akan memperkenalkan beragam seni budaya, makanan dan minuman khas Solok.

Sementara Wakil Wali Kota Solok, Reinier mengatakan Kota Solok memang sudah mempersiapkan segala hal untuk menyambut TdS yang akan dihelat pada bulan November 2018.

"Berbagai keperluan telah dipersiapkan, mulai dari perbaikan jalan, penampilan kesenian, pengamanan, penginapan dengan memberdayakan rumah gadang," ujarnya.

Ia berharap TdS yang dihelat di Kota Solok bisa berjalan lancar dan sukses, serta mendapatkan dukungan penuh dari berbagai pihak. (*)