Ma'ruf Amin minta santri selalu optimistis bantu bangun Indonesia

id Ma'ruf Amin,Hari Santri Nasional,Pilpres 2019

Ma'ruf Amin minta santri selalu optimistis bantu bangun Indonesia

Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin bersama istri Wury Estu Handayani, saat bersilaturahmi ke Ponpes Krapyak, Bantul, Yogyakarta, Minggu (14/10/2018). (Rangga Pandu Asmara Jingga)

Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin meminta para santri selalu optimistis dalam membantu membangun Indonesia menjadi lebih baik.

"Bagi yang pesimistis, katanya Indonesia akan bubar. Padahal, kita harus memanfaatkan milestone yang sudah disiapkan oleh Pak Jokowi. Kalau ini kita manfaatkan, Indonesia bisa tinggal landas," katanya di hadapan santri dan ulama yang berkumpul untuk merayakan Hari Santri Nasional di Asrama Haji Kalimantan Tengah.

Dalam siaran persnya, Selasa, Mustasyar PBNU itu menekankan bahwa para santri harus bisa menjadi sumber daya manusia yang tangguh, memiliki kompetensi dan semangat tinggi dalam membangun Indonesia.

Ia lalu menuturkan semangat dan ketangguhan atlet Indonesia yang berlaga di Asian Games dan Asian Para Games 2018, serta bagaimana mereka sukses melampaui target perolehan medali emas.

"Kita harus memiliki fighting spirit (semangat juang) yang tinggi seperti itu," kata Ma'ruf.

Dia meminta para santri menyiapkan diri supaya bisa bersaing dan berperan dalam pembangunan ekonomi nasional.

Ma'ruf juga menganjurkan para santri agar selain mampu membaca ayat Alquran juga membaca tata kehidupan masyarakat dan mencarikan solusi untuk mengatasi masalah warga.

"Para santri harus mampu membaca situasi, keadaan politik, ekonomi, dan sosial budaya. Bukan hanya membaca, tapi mencarikan solusi untuk menguraikan dan menyelesaikan problem di masyarakat," kata Ma'ruf.

Setelah melakukan safari ke beberapa kota di Sumatera dan Jawa, Ma'ruf mengunjungi Kalimantan, Selasa.

Pendamping calon presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Pemilu 2019 itu mengunjungi Kota Palangkaraya.

Dalam kunjungannya ke Kalimantan Tengah, Ma'ruf menghadiri perayaan Hari Santri serta mengikuti acara deklarasi dan pengukuhan Tim Kampanye Daerah Jokowi-KH Ma'ruf Amin sekaligus peresmian Rumah KMA Provinsi Kalteng. (*)