Ini olahraga yang mulai diminati masyarakat Pasaman Barat

id Arum Jeram

Atlet arum jeram Pasaman Barat saat latihan olah raga arum jeram di Bandar Irigasi Padang Tujuh Pasaman Barat. (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat,(Antara)- Peminat olahraga arung jeram di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) terus meningkat di daerah.

Menurut pengurus olah raga arum jeram Pasaman Barat, Irfan Saputra, perkembangan dan peminat olahraga arung jeram di Pasaman Barat sangat tinggi.

Hal itu dibuktikan dengan banyaknya remaja yang ingin bergabung di cabang olaharga tersebut. Karena minimnya sarana dan peralatan, mereka harus meminta bantuan sarana dan pelatih dari Pos SAR Pasaman.

Pihaknya mengadakan latihan dua kali dalam satu minggu. Didampingi dua orang pelatih dan pengurus arum jeram Pasaman Barat mereka berharap bisa membawa Pasaman Barat berprestasi di berbagai macam ivent arum jeram nantinya.

"Peminat olahrga arung jeram ini sangat tinggi, bahkan atlet muda rutin latihan setiap minggunya," ujarnya.

Ia mengaku, saat ini mereka belum memiliki perahu atau peralatan yang memadai, sehingga semua rutinitas latihan mereka bergantung kepada bapak angkat, yakni personil dan peralatan milik SAR.

Besar harapan kedepan mereka bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah setempat.

"Sekarang kami latihan di bandar irigasi di sekitar Kantor Pos SAR Pasaman, semua peralatan dipinjam," ujarnya.

Sementara itu salah saeorang pelatih arung jeram Windo mengaku, potensi dan keinginan para atelit muda Pasaman Barat itu cukup baik dan tinggi.

Dibuktikan dengan beberapa kali latihan saja, mereka sudah menguasai trik dan teknik dasar. jika ini terus dibina besar kemungkinan generasi muda potensial bisa mengharumkan nama Pasaman Barat nantinya.

"Setelah atlet ini siap secara teori dan mental, rencananya mereka akan melakukan arung jeram di alam terbuka atau sungai dengan arus cukup deras," katanya.

Apalagi, katanya di Pasaman Barat terdapat beberapa sungai yang layak dijadikan lokasi arung jeram, seperti di daerah Pinaga dan sejumlah aliran sungai besar di bagian utara Pasaman Barat. (*)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar