Padangpariaman Serahkan Perahu Arum Jeram Perkuat Wisata Fun-Tubing

id arum jeram

Padangpariaman Serahkan Perahu Arum Jeram Perkuat Wisata Fun-Tubing

Wisata arum jeram. (ANTARA SUMBAR/Erik Ifansya Akbar)

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat menyerahkan dua unit perahu arum jeram serta perlengkapannya kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) daerah itu guna memperkuat potensi wisata Fun Tubing atau meluncur di permukaan sungai berarus ringan.

Dua unit perahu arum jeram itu telah kita serahkan kemarin dengan harapan objek wisata Fun Tubing dapat berkembang di Padangpariaman," kata Wakil Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur di Parit Malintang, Selasa.

Ia mengatakan dikembangkannya Fun Tubing tersebut karena dapat menjadi objek wisata yang dapat menarik minat wisatawan.

"Selain itu kondisi sungai di daerah itu mendukung objek wisata Fun Tubing," katanya.

Meskipun sebelumnya objek wisata Fun Tubing di daerah itu telah ada, namun belum berkembang maksimal karena peralatannya masih swadaya masyarakat melalui Pokdarwis.

"Diharapkan dengan diserahkannya dua unit perahu arum jeram tersebut maka Fun Tubing bisa dikenal wisatawan," ujarnya.

Pihaknya pun mendatangkan pelatih arum jeram dari Bandung guna melatih Pokdarwis di daerah itu selama satu bulan.

Sementara itu, Pembina Pokdarwis daerah itu, Retno Kurniawan mengatakan bantuan dua perahu arum jeram tersebut tengah dibutuhkan oleh pihaknya, karena dapat meningkatkan potensi Fun Tubing di daerah itu.

"Selama ini kami hanya menggunakan ban bekas milik masyarakat dan pemandunya kita sewa," kata dia.

Ia mengatakan dengan diterimanya perahu arum jeram dan perlengkapannya maka jarak Fun Tubing lebih jauh yaitu dari tiga kilometer menjadi tujuh kilometer.

Dia berharap dengan adanya pelatihan dari pelaku arum jeram dari Bandung tersebut maka anggota Pokdarwis bisa menjadi pemandu Fun Tubing sehingga pihaknya tidak perlu menyewa orang lagi. (*)