480 warga miskin di Pasaman Barat terima bantuan program PKH

id Pendamping Keluarga Harapan,Kemensos,warga miskin pasaman barat

480 warga miskin di Pasaman Barat terima bantuan program PKH

Ketua TP PKK Pasaman Barat, Yunisra Syahiran saat menyerahkan bantuan kepada perwakilan warga miskin dalam program Pendamping Keluarga Harapan (PKH) di Ranah Batahan, Selasa (24/7). (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Sekitar 480 orang warga miskin di Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) memperoleh bantuan Rp240 juta dari Kementerian Sosial RI melalui program Pendamping Keluarga Harapan (PKH).

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Ketua Tim Penggerak PKK Pasaman Barat, Yunisra Syahiran di Aula Kantor Wali Nagari Batahan, Selasa.

Ia mengatakan kepada seluruh penerima bantuan atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk mempergunakan bantuan tersebut sesuai dengan yang diharapkan oleh Kemensos.

Menurutnya bantuan yang bersifat non tunai tersebut diprioritaskan untuk menanggulangi kemiskinan ekstrim, biaya pendidikan anak dari KPM, untuk kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, pengurangan angka kematian bayi dan peningkatan kesehatan Ibu.

"Jangan sampai kita salah gunakan bantuan yang diperoleh. Manfaatkanlah sebaik-baiknya untuk hal-hal prioritas seperti untuk keperluan pendidikan anak dan sebagainya sesuai dengan yang diharapkan pemerintah," ujarnya.

Ia menyebutkan pemerintah pusat maupun daerah sangat gencar dalam program pengentasan kemiskinan.

Namun dibalik itu semua, masyarakat yang berada dibawah garis kemiskinan harus terus berupaya dalam meningkatkan perekonomian keluarga guna mewujudkan keluarga sejahtera yang mandiri.

Ia menjelaskan salah satu upaya yang dapat ditempuh adalah dengan memaksimalkan program hatinya PKK, yakni dengan memanfaatkan lahan pekarangan dengan menanam tanaman bermanfaat untuk menambah pendapatan keluarga.

"Ibu-ibu rumah tangga harus tetap semangat. Jangan berpangku tangan. Mari bantu suaminya dalam mencukupi kebutuhan keluarga. Semoga kelak semua KPM sudah menjadi keluarga yang sejahtera dan mandiri," harapnya.

Sementara itu, Kordinator Pendamping PKH Kecamatan Ranah Batahan, Febri memberikan apresiasi kepada Pemkab Pasaman Barat, baik itu dari pihak Dinas Sosial, pemerintah kecamatan hingga ke tingkat pemerintahan nagari yang selalu memfasilitasi seluruh kegiatan PKH di daerah setempat.

"Terima kasih kepada seluruh unsur pemerintahan di Pasaman Barat yang telah memfasilitasi dan mendukung seluruh kegiatan PKH sehingga seluruh program dapat dilaksanakan dengan baik," katanya.(*)