Mudik gratis di Sumbar mulai diberangkatkan

id Mudik Gratis,Mudik Gratis BUMN,Semen Padang

Mudik gratis  di Sumbar mulai diberangkatkan

Kabiro CSR Semen Padang M Ikrar melepas keberangkatan KM Sabuk Nusantra 37 dari Pelabuhan Teluk Bayur Padang, yang membawa pemudik melalui Mudik Gratis BUMN Hadir Untuk Negeri di Padang, Selasa (5/6). (Antara Sumbar/istimewa.)

Padang, 5/6 (Antara) - Program Mudik Gratis BUMN Hadir Untuk Negeri bersama KM Sabuk Nusantara 37 yang difasilitasi PT Semen Indonesia, PT Semen Padang dan PT Pelni mulai diberangkatkan di Padang dengan rute dari Padang ke Mentawai.

Pada trip kedua yang berangkat Selasa pukul 16.00 WIB sebanyak 30 penumpang diberangkatkan dari Pelabuhan Teluk Bayur Padang menuju Kepulauan Mentawai.

Kepala Biro CSR Semen Padang, Muhamad Ikrar mengatakan untuk trip kedua KM Sabuk Nusantara 37 akan menyisir pelabuhan-pelabuhan yang ada di Kepulauan Mentawai.

"Kapal ini berangkat dari Pelabuhan Teluk Bayur menuju Penasehan, Tua Pejat, Sioban, Pasapuat, Sikakap, Sinakak, dan kembali ke Sikakap, Penasehan, dan kembali lagi ke Teluk Bayur," kata dia.

KM Sabuk Nusantara 37 dikirim ke Pelabuhan Teluk Bayur untuk menyukseskan program Mudik Gratis Bareng BUMN dan PT Semen Padang, mendapat bagian untuk memberikan layanan mudik gratis dari Padang-Mentawai maupun sebaliknya.

Sementara penanggung jawab Mudik Gratis Bareng BUMN, Delfi Adri menyebutkan pada perjalanan pertama, penumpang dari Padang ke Mentawai tidak banyak, tapi jumlahnya meningkat pada trip kedua.

"Jumlah penumpang yang banyak untuk trip Mentawai-Padang mencapai 250 orang," kata dia.

Ia mengatakan pemudik akan terus bertambah seiring sudah banyaknya masyarakat atau pemudik yang sudah mendaftar.

"Kuota yang kami sediakan untuk mudik gratis bareng BUMN ini ada 1.000 pemudik," kata dia.

Setelah trip kedua, lanjut Delfi, juga ada dua trip perjalanan berikutnya karena dalam mudik gratis bareng BUMN ada empat kali keberangkatan Padang-Mentawai dan sebaliknya.

"Untuk rutenya, berangkat dari Teluk Bayur pukul 16.00 WIB menuju Sioban, Sikakap, Pasapuat, kembali lagi ke Sioban, dan terus ke Tua Pejat, Penasehan, dan balik lagi ke Teluk Bayur," ujarnya.

Kemudian periode terakhir atau trip keempat, berangkat 12 Juni pukul 16.00 WIB dengan rute perjalanan dari Teluk Bayur menuju Labuhan Bajau, ke Sikabaluan, Muara Saibi, Siberut, Tua Pejat, Penasehan dan kembali lagi ke Pelabuhan Teluk Bayur.

"Bagi pemudik yang berangkat dari Pelabuhan Teluk Bayur, tiket dapat diambil pada saat keberangkatan, di posko panitia, dan di Pelabuhan Teluk Bayur sesuai dengan jadwal keberangkatan kapal," ujar dia..

Kemudian bagi pemudik yang berangkat dari Mentawai, tiket dapat diambil di posko panitia, yaitu di pelabuhan-pelabuhan yang ada di Mentawai seperti di Tua Pejat, Sioban, Pasapuat, Sikakap, Sinakak, dan di Penasahan, sesuai jadwal kedatangan kapal.

Kehadiran KM Sabuk Nusantara 37 yang melayani pemudik dari Padang menuju Mentawai ataupun sebaliknya, disambut antusias pemudik.

Salah seorang pemudik dari Padang menuju Mentawai, Hardinata Syiam mengaku dapat informasi mudik gratis dari teman.

"Saya daftar melalui online, berangkat bersama istri dan anak-anak," katanya.

Ia berharap, mudik gratis ini terus diadakan oleh Semen Padang ataupun Kementerian BUMN setiap jelang lebaran.

"Kalau bisa waktunya tak hanya untuk mudik lebaran, tapi juga untuk arus balik lebaran," harapnya. (*)