Awal Ramadhan nelayan Langsa tidak melaut

id nelayan

Awal Ramadhan nelayan Langsa tidak melaut

Nelayan (pixabay.com)

Setiap tahunnya memang begitu. Di awal Ramadhan kita belum melaut. Masuk seminggu puasa baru kembali menangkap ikan di perairan sekitar,
Langsa, Aceh, (Antara) - Sejumlah nelayan di Kota Langsa, Propinsi Aceh, pada awal memasuki Ramadhan 1439 Hijriah belum melalukan aktivitas melaut.

"Setiap tahunnya memang begitu. Di awal Ramadhan kita belum melaut. Masuk seminggu puasa baru kembali menangkap ikan di perairan sekitar," ujar Muslim, seorang nelayan di Kuala Langsa, Minggu.

Menurutnya, meski tidak ada aturan tertulis, sejumlah nelayan setempat secara serentak tidak melakukan aktivitas menangkap ikan di lautan lepas selama pekan awal bulan puasa.

Hal tersebut, kata dia, menjadi seperti tradisi yang secara turun temurun terus dilestarikan warga nelayan yang bermukim di kawasan pesisir Kota Langsa tersebut.

Sementara, kebutuhan ikan segar selama pekan pertama bulan Ramadhan di pasar Langsa tampak masih tersedia.

"Kalau pasokan ikan diawal puasa ini masuk dari luar Aceh, seperti Sibolga maupun Belawan, Sumatera Utara," aku Zulkifli, pedagang ikan di pasar Langsa.

Biasanya, lanjut dia, pasokan ikan segar sudah di stok pedagang sejak dua hari sebelum masuknya bulan Suci Ramadhan.

"Tidak ada kenaikan harga yang luar biasa meski nelayan lokal belum melaut. Pasokan akan normal kembali memasuki minggu kedua Ramadhan," terangnya.(*)