Inovasi Disdukcapil Dharmasraya Beri Pelayanan Maksimal bagi Masyarakat

id kepala diadukcapil dharmasraya

Kepala Disdukcapil Dharmasraya, Netty Helma. (ANTARASUMBAR/Ilka Jensen) (-)

Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, melakukan beberapa inovasi layanan administrasi kependudukan sebagai upaya percepatan dan peningkatan pelayanan ke pada masyarakat.

"Inovasi pelayanan yang mulai kami lalukan tahun ini merupakan hasil masukan dan saran dari masyarakat," kata Kepala Disdukcapil Dharmasraya, Netty Helma di Pulau Punjung, Sabtu.

Ia menjelaskan inovasi pelayanan yang dilakukan, diantaranya lanyang keliling ke setiap nagari-nagari (desa adat)seperti cetak lansung dokumen kependudukan, pendaftaran akta kelahiran, dan lainnya.

Kemudian, memberikan informasi pendaftaran, penyerahan, dan pengarsipan yang terkoneksi ke dalam satu sistem sehingga mumudahkan masyarakat saat pengurusan berikutnya.

Lalu, menerapkan sistem aplikasi antrean digital dengan sembilan loket pelayanan agar masyarakat terlayani dengan cepat, tepat dan akurat sesuai standar operasional prosedur (SOP).

"Dan penyediaan ruang ibu menyusui dan ruang sholat," ungkapnya.

Menurutnya disdukcapil sangat terbuka terhadap saran dan kritikan terkait pelayanan dari masyarakat, dengan ketentuan yang sifatnya membangun.

Ia menambahkan Disdukcapil terus menyosialisasikan tentang pentingnya data kependudukan dan proses pengurusan administrasi juga dipermudah sehingga partisipasi masyarakat meningkat.

"Sosialisasi terus kami laksanakan ke daerah yang berbeda, bahkan dengan peralatan seadanya kami sudah menerapkan layanan keliling. Dan juga pelayan satu hari selesai," tambahnya.*

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar