IDI Dharmasraya beri pelayanan kesehatan masyarakat terpencil

id idi

IDI Dharmasraya beri pelayanan kesehatan masyarakat terpencil

Teks Foto: Masyarakat sedang memeriksa mata di poli mata dalam pelayanan kesehatan daerah terpencil, di Nagari Silago, Kecamatan IX Koto, Kabupaten Dharmasraya, Sabtu (21/4). Kegitan itj dilaksanakan IDI Cabang Dharmasraya dalam rangka memperingati Hari Bakti Dokter Indonesia ke-110.(ANTARASUMBAR/Ilka Jensen) (b)

Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat daerah terpencil di Nagari Silago, dalam rangka memperingati Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) ke-110.

Ketua IDI Cabang Dharmasraya, Emal Suhedi didampingi Sekretaris M Fahriza, di Pulau Punjung, Sabtu, mengatakan dalam kegiatan ini IDI melibatkan 73 dokter umum dan tujuh dokter spesialis.

"Kami memberi pelayanan pemeriksaan secara gratis bagi masyarakat, mulai dari pelayan dokter umum hingga tindakan dokter spesialis," ujarnya.

Ia menjelasakan pelayanan dokter spesialis yang dapat dimanfaatkan masyarakat, diantaranya spesialis penyakit dalam, spesialis anak, spesialis bedah, spesialis bidan, spesialis mata, spesialis paru, dan spesialis saraf.

Ia mengatakan kegiatan itu berlangsung satu hari penuh dipusatkan di Sekolah Dasar 06 Nagari (Desa Adat) Silago, Kecamatan Silago. Secara bersamaan IDI juga menggelar kegiatan sosial, seperti donor darah, sunat masal, penyuluhan kesehatan, dan senam masal.

Pelaksanaan pelayanan kesehatan daerah terpencil merupakan rangkaian IDI Dharmasraya dalam memperingati hari Bakti Dokter Indonesia yang bertepatan dengan 20 Mei 2018, kata dia.

Selain itu, lanjutnya IDI juga akan menggelar pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus pada 3 Mei 2018, dilanjutkan buka bersama pada 20 Mei 2018.

"Puncak peringantan HBDI tahun ini dipusatkan di Padang, kegiatannya Seminar Nasional dengan tema disabilitas," ujarnya.

Sementara, ketua IDI Sumbar, Pom Hari Satria mengatakan kegiatan pelayanan kesehatan daerah terpencil juga dilaksanakan di enam cabang IDI kabupaten dan kota di Sumbar.

Ia berharap masyarakat dapat memanfaatkan pelayanan kesehatan secara gratis dengan baik, serta kegiatan tersebut dapat menjawab kebutuhan masyakat mengenai kesehatan.

Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai IDI dalam upaya memberi pemeriksaan kesehatan gratis tersebut.

"Kami selaku pemerintah mendukung penuh kegiatan ini, dan saya berharap para dokter dapat memberi pelayanan kepada masyarakat dengan ikhlas dan tulus," katanya.