Bulog Sumbar siapkan 10.000 ton beras untuk ramadhan

id Suharto Djabar,Stok beras bulog Sumbar

Bulog Sumbar siapkan 10.000 ton  beras untuk ramadhan

Kepala Bulog Divre Sumbar, Suharto Djabar. (Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi)

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) - Badan Urusan Logistik Divisi Regional Sumatera Barat (Sumbar), menyiapkan sebanyak 10.000 ton beras sebagai antisipasi kenaikan harga saat Ramadhan serta masa Lebaran.

"Bulog Sumbar telah menyiapkan beras 10 ribu ton, stok ini aman untuk Ramadhan serta Lebaran mendatang. Berdasarkan perhitungan dapat memenuhi kebutuhan enam bulan ke depan," kata Kepala Bulog Divre Sumbar Suharto Djabar ketika dihubungi, Selasa.

Stok tersebut, katanya, tidak hanya untuk kebutuhan warga dan persiapan operasi pasar. Namun juga untuk kebutuhan bantuan sosial beras sejahtera (bansos rastra).

"Bulog siap melepas stok untuk melakukan operasi pasar ketika terjadi pelonjakan harga nanti," katanya.

Ia menyebutkan stok 10.000 beras itu sebanyak 1.500 ton adalah pembelian dari petani lokal, sementara sisanya perpindahan dari DKI Jakarata.

Pembelian beras petani lokal tersebut untuk dua kepentingan kegiatan Bulog, yaitu kewajiban pelayanan publik (PSO), dan komersial.

Untuk PSO beras itu nantinya dijual dengan kisaran harga Rp8.030 per kilogram, sementara komersial degan harga Rp10.000-Rp11.000 per kilogram, tergantung jenis varietas.

Selain beras, Bulog Sumbar juga menyiapkan stok gula sebanyak 1.500 ton, minyak goreng 50.000 liter.

Sementara untuk tepung terigu pihaknya menyiapkan stok sebanyak 30.000 kilogram.

Pihak Bulog juga akan melakukan operasi pasar untuk cabai dan daging saat Ramadhan, jika harga di pasar terlalu tinggi. Saat ini telah disiapkan stok 28 ton daging beku dengan harga Rp80 ribu per kilogram. (*)