Rencana kenaikan PKH, Mensos: kepastiannya bulan ini

id Idrus Marham ,Menteri Sosial,Program Harapan Hidup

Rencana kenaikan PKH, Mensos: kepastiannya bulan ini

Menteri Sosial Idrus Marham. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc/18./)

Kebijakan kenaikan PKH akan disampaikan dalam satu bulan ini, namun kami masih menunggu beberapa modifikasinya
Gresik, (Antaranews Sumbar) - Menteri Sosial Idrus Marham memastikan nilai kenaikan atau nominal dana Program Keluarga Harapan (PKH) akan disampaikan bulan ini, atau Maret 2018.

"Kebijakan kenaikan PKH akan disampaikan dalam satu bulan ini, namun kami masih menunggu beberapa modifikasinya," kata Idrus, saat mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Gresik, Jatim, Kamis.

Ia mengatakan, penyaluran bantuan PKH secara nasional telah berjalan lancar, bahkan untuk Jatim sudah mencapai 90 persen.

Sementara dalam program itu, kata Idrus, daerah memiliki peran penting dengan menyerahkan data kemiskinan secara aktual.

Sebelumnya, dalam penyerahan PKH di Kabupaten Gresik Presiden Joko Widodo menjanjikan adanya kenaikan nominal dana bantuan sosial PKH pada tahun 2019, agar bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat.

"Tahun depan saya pastikan naik, dan sebenarnya nilai kenaikan itu ingin saya sampaikan hari ini, namun saya masih menunggu persetujuan DPR RI," kata Jokowi dihadapan warga penerima manfaat di Kabupaten Gresik.

Jokowi juga menjanjikan penerima PKH secara nasional bakal naik di tahun 2019 menjadi 15 juta Kepala Keluarga (KK), dari total jumlah penerima saat ini yang mencapai 10 juta KK.

"Oleh karena itu, saya titip kepada ibu-ibu uang dana PKH bisa dimaksimal untuk hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan, gizi, kesehatan anak-anak biar sehat dan pandai," katanya.

Sebelumnya diketahui, jumlah dana PKH yang diterima satu keluarga penerima manfaat sebesar Rp1,8 juta dengan pencairan secara bertahap, dan pertama adalah sebesar Rp500 ribu. *