Pemprov diminta gandeng perguruan tinggi majukan daerah

id Hendra Irwan Rahim

Pemprov diminta gandeng perguruan tinggi majukan daerah

Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim.

Padang, (Antaranews Sumbar) - Ketua DPRD Sumatera Barat (Sumbar) Hendra Irwan Rahim meminta pemerintah daerah menggandeng seluruh peguruan tinggi yang ada untuk memajukan provinsi itu.

"Kita minta mereka untuk ikut memberikan masukan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki Sumbar," katanya di Padang, Jumat.

Menurut dia perguruan tinggi harus terlibat langsung dalam mencerdaskan masyarakat sehingga berdampak dalam pembangunan daerah.

Ia mengatakan perguruan tinggi memiliki pelbagai macam keilmuan dan banyak memiliki peneliti yang berkompeten di bidangnya masing-masing.

"Potensi ini hendaknya harus dimanfaatkan dalam program pembangunan yang sedang dijalankan pemerintah daerah," ujarnya.

Salah satu persoalan yang mendesak saat ini adalah percepatan di bidang pertanian. Sumbar memiliki lahan pertanian yang cukup luas namun sebagian besar masih dikelola secara tradisional.

"Peningkatan teknologi pertanian tentu bisa ditemukan di perguruan tinggi sehingga dapat memacu peningkatan produksi pertanian," sebutnya.

Hendra berharap keberadan perguruan tinggi di daerah ini mampu memberikan dampak langsung terhadap program pembangunan.

"Banyak ide yang lahir dari perguruan tinggi yang dapat diamnfaatkan dalam pengembangan potensi daerah," katanya.

Dirinya mendukung seluruh perguruan tinggi baik negeri dan swasta untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah di berbagai bidang baik pertanian, ekonomi, potensi bahari dan pariwisata.

"Kita berharap dari perguruan tinggi muncul pemikir-pemikir handal yang memiliki konsep pembangunan Sumbar menjadi lebih baik," katanya.