Terminal Padang akan diintegrasikan dengan kereta api dan Trans Padang

id Terminal Padang,Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah,Budi Karya Sumadi

Terminal Padang akan diintegrasikan dengan kereta api dan Trans Padang

Wali Kota Padang, Sumbar, Mahyeldi Ansharullah (ANTARA SUMBAR/M R Denya Utama)

Lokasi di Anak Air dekat dengan pasar, rel kereta api dan jalan By Pass sehingga peluang berkembang cukup besar dan nantinya akan dibangun sarana umum seperti stasiun
Padang, (Antaranews Sumbar) - Wali Kota Padang, Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengatakan pembangunan terminal tipe A di Anak Air, Kecamatan Koto Tangah, akan diintegrasikan dengan fasilitas umum lainnya.

"Lokasi di Anak Air dekat dengan pasar, rel kereta api dan jalan By Pass sehingga peluang berkembang cukup besar dan nantinya akan dibangun sarana umum seperti stasiun," katanya usai ikut meletakkan batu pertama pembangunan terminal tipe A bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Padang, Jumat.

Pembangunan terminal akan dimulai tahun ini dengan anggaran Rp7,5 miliar dari APBN serta Rp64,5 miliar di 2019.Mahyeldi akan mengupayakan konektivitas dengan rel kereta api.

Dia berharap PT Kereta Api Indonesia (KAI) dapat menindaklanjuti hal tersebut. Kemudian juga akan dibangun pertokoan di sekitar terminal serta pelebaran jalan di Anak Air yang mencapai 30 meter.

Terkait pelebaran ini kata dia, telah berkoordinasi dengan warga dan sepakat melepas kepemilikan lahannya.

"Karena terminal Tipe A tentu mempunyai fasilitas yang lengkap, " tambah dia.

Beberapa fasilitas yang akan dibangun di terminal tersebut antara lain mushala dua unit, kios loket, 56 toilet, dua kantin dan 25 ruangan retail

Dari arahan Kementerian Perhubungan rencananya terminal ini menampung angkutan bus antar kota antar provinsi serta dalam kota.

Lokasinya yang strategis dekat dengan jalur By Pass dan Bandara Internasional Minangkabau dan batas kota menjadi tepat untuk pembangunan terminal tersebut.

Baca juga: Padang akan memiliki terminal lagi, terminal tipe A akan dibangun di Anak Aia Koto Tangah Padang

Ke depan juga akan diintegrasikan dengan angkutan massal Trans Padang yang saat ini memiliki satu koridor dari enam koridor yang direncanakan.

Di samping itu pihaknya bersama Kemenhub juga akan melibatkan masyarakat sekitar untuk mendukung pengembangan terminal tersebut nantinya.

"Ini bukan satu satunya terminal akan dibangun di Padang, " ujar dia.

Ke depan akan dibangun juga terminal tipe B yang langsung diintegrasikan dengan stasiun kereta.

Lokasinya direncanakan di Bukit Putus Kecamatan Bungus Teluk Kabung Padang.

Sementara itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya akan mendukung setiap pembangunan infrastruktur transportasi di Padang seperti terminal.

Bahkan pihaknya menjanjikan akan membantu pemkot dalam penyediaan angkutan massal serta pembangunan terminal lainnya.

"Pembangunan sarana transportasi ini bagian dari cita cita Presiden kepada masyarakat, hal tersebut perlu dimaksimalkan, " kata dia. (*)



Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar