Padang akan memiliki terminal lagi, terminal tipe A akan dibangun di Anak Aia Koto Tangah Padang

id Mahyeldi Ansharullah

Padang akan memiliki terminal lagi, terminal tipe A akan dibangun di Anak Aia Koto Tangah Padang

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah. (Antara Sumbar/MR Denya Utama)

Kebutuhan akan terminal ini penting untuk menertibkan jalur angkutan yang masih tersebar sekaligus juga memberikan kemudahan masyarakat dalam transportasi
Padang, (Antaranews Sumbar) - Terminal angkutan darat tipe A akan dibangun dengan dana bersumberkan APBN di Anak Aia Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, Sumatera Barat.

"Bila tidak ada aral melintang batu pertama akan diletakkan pada peringatan Hari Pers Nasional oleh Presiden," kata Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah di Padang, Senin.

Dia menyebutkan terminal tersebut akan dibangun di lahan seluas 4,5 hektare dengan anggaran Rp79,5 miliar dari APBN.

Lahan seluas 4,5 hektare telah dihibahkan ke Kementerian Perhubungan untuk dibangun terminal tersebut.

Pembangunan akan dilaksanakan tahun ini dan diperkirakan rampung pada 2019.

Dia menambahkan selain terminal angkutan tipe A, di kawasan tersebut juga akan dibangun pasar induk, pusat perbelanjaan, masjid dan bangunan penunjang lainnya.

"Kebutuhan akan terminal ini penting untuk menertibkan jalur angkutan yang masih tersebar sekaligus juga memberikan kemudahan masyarakat dalam transportasi," katanya.

Ke depan pihaknya juga akan menyediakan terminal untuk angkutan kota di sekitar pusat kota atau Pasar Raya termasuk juga menyediakan pangkalan angkutan wisata.

Selain itu nanti diperkuat juga armadanya, misalnya, dengan menambah koridor Trans Padang.

Pihaknya juga terus merenovasi dan membangun jalan termasuk membuka jalur baru.

Sementara itu sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengarahkan daerah untuk menutup terminal bayangan angkutan dan memaksimalkan terminal tetap.

Menurutnya keberadaan terminal bayangan menyebabkan terminal kosong karena penumpang akan beralih ke tempat angkutan mangkal. (*)