MKGR Serukan Elemen Bangsa Gelorakan Nilai-nilai Pancasila

id Roem Kono

MKGR Serukan Elemen Bangsa Gelorakan Nilai-nilai Pancasila

Ketua Umum Ormas Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) Roem Kono. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Ormas Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) menyerukan kepada seluruh elemen bangsa Indonesia khususnya kader MKGR untuk terus menggelorakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Ormas MKGR menyerukan agar masyarakat membuka ruang dialog seluas-luasnya guna menghindari kemungkinan perpecahan. Mari kita jaga keutuhan NKRI," kata Ketua Umum Ormas MKGR, Roem Kono, melalui siaran persnya yang diterima di Jakarta, Senin.

Menurut Roem Kono, mencermati dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara akhir-akhir ini, Ormas MKGR melihat dan merasakan situasi dan kondisi sosial politik masyarakat menunjukkan eskalasi yang meningkat.

Hal ini, kata dia, ditandai dengan semakin maraknya aksi-aksi demonstrasi, berita hoax, mudahnya melakukan tindak kriminal bahkan sampai menyebabkan hilangnya nyawa orang lain.

"Aksi kekerasan antar-kelompok ini menunjukkan semakin pudarnya implementasi nilai-nilai Pancasila yang menghormati dan menjunjung tinggi toleransi dan gotong royong," katanya.

Anggota Komisi V DPR RI ini menegaskan, Ormas MKGR yang dilahirkan dengan semangat membangun bangsa dan negara Indonesia yang adil, makmur, sejahtera, dan demokratis berdasarkan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945, harus mengkontekstualisasikan nilai-nilai perjuangan organisasi dalam membangun bangsa dan negara sesuai perubahan yang terus terjadi.

Menurut dia, Ormas MKGR sebagai salah satu Ormas pendiri Partai Golkar, dimana Partai Golkar saat ini memosisikan sebagai pendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Ormas MKGR, kata dia, juga berpandangan pentingnya melakukan pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya agar kesenjangan dan kemiskinan yang masih tinggi semakin menurun.

"Angka kemiskinan dan kesenjangan sosial ditunjukkan oleh angka Gini Ratio masih berada pada kisaran 0,397, berdasarkan data BPS Maret 2016," katanya.

Karena itu, kata dia, Ormas MKGR mendukung berbagai terobosan pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk mengatasi kemiskinan dan kesenjangan sosial.

Roem Kono menambahkan, Ormas MKGR akan merayakan ulang tahun ke-57 pada 2 Februari mendatang. Menjelang ulang tahun, MKR melakukan serangkaian kegiatan antara lain, tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata dan tumpengan di kantor DPP Ormas MKGR pada Minggu (15/1), pertandingan sepak bola antara MKGR dan selebritis di lapangan sepakbola DPR RI, serta seminar nasional. (*)