Wagub dan Kapolda Sumbar Tinjau Misa Natal

id Wagub

Wagub dan Kapolda Sumbar Tinjau Misa Natal

Kapolda Sumbar Brigjen Pol Basarudin bersama Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit bersama Forkompinda meninjau pelaksanaan Misa Natal pada tiga gereja di Kota Padang, Sumatera Barat. Polda Sumbar sendiri melakukan pengamanan di 102 gereja yang berada di seluruh wilayah Sumbar. (Antara Sumbar/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (Antara Sumbar) - Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) Brigjen Pol Basarudin bersama Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit meninjau pelaksanaan Misa Natal 2016 di tiga gereja yang berada di Kota Padang pada Sabtu malam.

"Kita bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) telah diajak Kapolda Sumbar melakukan pemantauan di beberapa gereja, sejauh ini situasi aman terkendali," kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit di Padang Sabtu.

Ia mengatakan malam ini merupakan malam pertama berlangsungnya Operasi Lilin 2016 berjalan dengan aman dan lancar.

"Kita harap hingga awal tahun 2017 nanti situasi di Sumbar ini bisa aman, semuanya sudah kita koordinasikan dengan Kapolda Sumbar," katanya.

Terkait dengan adanya penangkapan teroris di Kota Payakumbuh, Ia mengatakan jangan sampai ada lagi teroris yang ditangkap di wilayah Sumbar ini.

"Kita harap peristiwa penangkapan itu menjadi penangkapan teroris yang terakhir di Sumatera Barat," jelasnya.

Sementara Kapolda Sumbar Brigjen Pol Basarudin mengatakan malam ini pihaknya melakukan pengamanan di 102 gereja di seluruh wilayah Sumbar.

"Kita lakukan pengamanan bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi umat Nasrani melakukan peribadatan,"katanya.

Ia menyebutkan dalam melakukan pengamanan selama Operasi Lilin pihaknya melakukan pengamanan secara terbuka dan pengamanan secara tertutup.

Pengamanan secara terbuka ialah pengaman yang dilakukan oleh tim gabungan yang melakukan penjagaan di setiap pos pengaman yang telah dibentuk.

"Sedangkan pengamanan tertutup dilakukan pada lokasi peribadatan seperti gereja untuk meminimalisir tindakan terorisme, semua lokasi tersebut merupakan prioritas kami," katanya. (*)