Beda Jenis Printer Beda Pula Fungsinya

id Ralali.com



Jakarta, Printer adalah salah satu hardware output komputer yang berfungsi untuk mencetak baik itu gambar, tulisan, ataupun lainnya. Alat ini mesti terhubung dengan komputer ataupun kita bisa mencetaknya langsung dari Smartphone dengan menggunakan sinyal Wi-fi.

Printer sendiri tersedia dalam bermacam jenis, setiap jenisnya mempunyai fungsi, kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut iniulasannya.

Printer 3D

Printer 3D ini adalah jenis printer yang mempunyai fungsi untuk mencetak objek 3 dimensi. Pada printer ini menggunakan proses additive, di mana material disusun secara berturut-turut berdasar kontrol komputer.

Printer Dot Matrix

Printer Dot Metrix adalah jenis printer yang proses cetaknya menggunakan pita. Hasil cetak dari jenis printer ini akan terlihat seperti titik-titik yang berhubungan, hasil cetak jenis printer ini kurang bagus. Selain itu, printer ini akan mengeluarkan suara yang cukup keras sewaktu sedang mencetak.

Printer Ink Jet

Jenis printer inimenggunakan tinta cair untuk mencetak. Teknologi pada Printer Ink Jet disebut dor on demand, yakni sebuah teknologi yang menyemprotkan titik-titik kecil tinta di permukaan kertas ataupun media cetak lainnya. Kualitas cetak printer Ink jet sekitar 300 dpi, hampir menyerupai kualitas cetak printer laser jet. Jenis printer ini kerap dimodifikasi dengan ditambahkannya tabung tinta infus yang dihubungkan dengan bagian pencetak mesin printer menggunakan selang berukuran kecil.

Printer Label

Printer label dipakai untuk mencetak label dalam jumlah banyak. Fungsi printer label ini lebih luas dari namanya, bisa digunakan untuk mencetak barcode, dan mencetak label dengan bentuk tertentu pada sejumlah jenis printer label yang lain.

Label yang sudah dicetak dipergunakan untuk menandakan, memberi nama ataupun kode pada sebuah benda maupun peralatan, misalnya peralatan kantor, peralatan rumah tangga ataupun memberikan label pada barang-barang yang akan dijual, seperti yang dapat dilihat di supermarket. Printer label sangat penting dimiliki.

Sekedar informasi, untuk membeli label printer sebaiknya kunjungi Ralali.com saja. Di Ralali.com jual label printer murah sangat lengkap dan berkualitas terbaik dengan beragam pilihan jenis dan merk ternama.

Jenis Printer Laser Jet

Jenis printer ini mencetak dengan memakai tinta bubuk atau lebih sering disebut dengan toner. Proses pencetakannya lebih cepat dari jenis printer yang lain, sebab menggunakan perangkat inframerah ataupun sinar laser. Hasil cetak dengan menggunakan Printer Laser Jet lebih bagus ketimbang jenis printer dot metrix dan ink jet.

Jenis Printer LED atau LCD

Printer LED atau LCD ini pada dasarnya mempunyai metode cetak yang mirip dengan jenis printer Laser jet. Perbedaannya, printer laser jet memakai laser untuk membuat pola, sedangkan printer LED atau LCD memakai cahaya yang disebut light-emitting diode. Kualitas cetak Jenis Printer LED atau LCD lebih bagus dari printer laser jet.

Jenis Printer Solid Ink

Jenis tinta printer solid Ink sejenis tinta berbentuk lilin. Cara kerjanya, tinta terlebih dahulu di lelehkan, setelah itu ditampung dan dipindahkan ke sejenis tabung yang akan mendinginkan tinta tersebut. Untuk hasil cetak dari jenis printer ini dipengaruhi oleh suhu serta kelembaban kertas atau media cetak lainnya.

Printer Photo Digital

Printer Photo Digital adalah jenis printer khusus untuk mencetak foto dengan hasil cetak yang sangat berkualitas. Kualitasnya pun lebih tinggiketimbang printer inkjet ataupun laser jet. Jenis printer ini sangat cocok untuk seseorang yang berprofesi fotografer professional. Printernya sendiri mempunyai beberapa tambahan warna tinta, yakni Light Cyan serta Light Magenta.***