Pagar Gedung Balerong Pasaman Barat Roboh

id Pagar, balaerong, roboh

Simpang Ampek, (AntaraSumbar) - Pagar beton gedung Balerong Pusako Anak Nagari (PAN) Kabupaten Pasaman Barat roboh yang menyebabkan satu unit mobil dengan nomor polisi BA 1680 SQ tertimpa pagar tersebut.

Robohnya pagar beton bagian belakang balerong dekat rumah dinas bupati itu tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, peristiwa itu menjadi tanda tanya masyarakat terkait pelaksanaan bangunan pagar tersebut.

Informasi yang dihimpun di lapangan, Kamis (29/10) robohnya pagar beton bagian belakang balerong itu diperkirakan Rabu (28/10) sekitar pukul 02.00 WIB. Banyak warga berdatangan melihat robohnya pagar itu.

Pihak kepolisian juga sudah turun kelokasi dan memasang garis polisi di tempat pagar yang roboh. Semantara mobil yang tertimpa milik Beni Saputra, (37) dalam garasi yang tertimpa belum bisa keluar karena tertimpa reruntuhan beton.

"Benar, mobil saya roboh ditimpa pagar gedung balerong. Saya sudah laporkan ke polisi dan dalam waktu dekat saya akan melapor ke bupati mencari jalan keluarnya," kata Beni.

Ketua Komplek Kampung Sudut Pasaman Baru, Abdul Rasad Saragih membenarkan kejadian tersebut. Ia menduga pekerjaan proyek pagar dan gedung yang dananya sekitar Rp5 miliar lebih itu tidak sesuai dokumen yang ada.

Ia mengharapkan penegak hukum harus mengusut secara hukum robohnya pagar beton tersebut. Tidak tertutup kemungkinan kalau tidak cepat diperbaiki, kerusakan akan tambah parah. Apalagi bagian sudut gedung itu juga sudah amblas.

"Setiap pekerjaan dirawa strukturnya sebaiknya pakai cakar ayam. Wajar roboh bangunan itu, karena beban lebih berat dari pada koporan. Besi beton pagar itu juga harus diperiksa, karena di lapangan besinya sangat kecil," kata Abdul.

Menurutnya mobil warga yang rusak, Pemkab Pasaman Barat agar mengganti rugi. Rekanan yang mengerjakan juga harus bertanggung jawab.

Kepala Bagian Umum Sekda Pasaman Barat, Edwar juga membenarkan peristiwa robohnya bangunan pagar tersebut. Pihaknya tidak mengetahui secara pasti kapan robohnya pagar beton tersebut. Namun pagar itu dibangun diperkirakan tahun 2012 lalu.

Mengenai berapa kerugian robohnya bangunan pagar itu pihaknya tidak mengetahuinya. Sebab akibat musibah itu satu unit mobil tertimpa dan mengalami rusak yang cukup parah. (*)