LSM: Anak Sekolah Dikepung Iklan Rokok

id Iklan, Rokok, Pelajar

Padang, (AntaraSumbar) - Hasil pemantauan Ruandu Foundation, sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di bidang perlindungan anak, menunjukkan bahwa lingkungan sekolah di Kota Padang, Sumatera Barat, dikepung oleh iklan rokok.

"Kami melakukan monitoring di lingkungan 56 sekolah di Padang, hasilnya menunjukkan dalam perjalanannya menuju sekolah, anak banyak terpapar iklan rokok," ujar Ketua Ruandu (Ruang Anak Dunia) Foundation Muharman di Padang, Kamis.

Ia mengatakan, monitoring tersebut dilakukan dari Februari hingga Agustus 2015 di mana lingkungan sekitar sekolah Adabiah merupakan wilayah yang paling banyak terdapat iklan rokok. Adabiah sendiri merupakan sekolah dengan murid cukup banyak.

"Keberadaan iklan rokok yang begitu ramai di lingkungan sekolah dapat menyebabkan seorang anak mengasosiasikan rokok sebagai permen," ujarnya.

Hasil monitoring tersebut menunjukkan iklan rokok mayoritas berbentuk spanduk yang dipasang di warung-warung di sekitar sekolah. Selain itu iklan rokok juga muncul dalam ukuran lebih besar seperti papan iklan (billboard) atau videotron di lingkungan perjalanan anak menuju sekolah.

Ia mengatakan, iklan menjadi salah satu faktor yang dapat mendorong seorang anak untuk merokok terlebih iklan rokok muncul dengan slogan-slogan positif yang memunculkan persepsi yang positif pula sehingga mendorong seorang anak untuk mencobanya.

Untuk mencegah tergiurnya anak terhadap rokok, ia mengharapkan, diperlukan kebijakan dari pemerintah terkait peredaran iklan rokok dan penentuan kawasan yang lebih jelas untuk sponsorship rokok.

"Kita semua tau bahaya rokok bagi kesehatan, dan sesuai amanat Undang-undang perlindungan anak, setiap anak berhak mendapat kesehatan maksimal," katanya.

Selain itu, diperlukan pula sosialisasi pada masyarakat sehingga ikut terlibat dalam peredaran iklan rokok di lingkungan sekitar sekolah.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang Feri Mulyani mengatakan bahaya rokok bagi orang dewasa dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti kanker paru-paru, penyakit jantung dan bronkitis.

Bagi anak-anak, rokok dapat menyebabkan kematian mendadak bagi bayi yang sering terpapar asap rokok, infeksi saluran pernapasan, pneumonia dan asma. (cpw)