Melalui Kunjungan Kerja, Berbagai Macam Ranperda Dipelajari

id Melalui Kunjungan Kerja, Berbagai Macam Ranperda Dipelajari

Simpang Ampek, (Antara) - DPRD Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat terus berupaya meningkatkan berbagai macam Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur segala aspek di daeah itu. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengadakan Kunjungan Kerja (Kunker) keberbagai daerah yang ada di Indonesia.

Kunker yang diadakan bertujuan untuk belajar ke suatu daerah yang sudah maju dan memiliki Perda yang jelas yang nantinya bisa diterapkan di Pasaman Barat.

Kunker yang dilakukan sudah direncanakan dan membuat tema Kunker yang akan dipelajari. Dengan harapan Kunker itu akan memberikan kontribusi bagi kita dalam rangka membangun daerah dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat,kata Ketua DPRD Pasaman Barat, Daliyus K melalui Kabag Humas, Oyong Hamdani.

Kunker yang baru dilakukan oleh anggota DPRD yakni ke - Kota Bekasi dan Bogor Provinsi Jawa Barat (Jabar). Pansus 1 tentang LKPJ akhir masa jabatan Bupati/Wabup periode 2010- 2015.

Kemudian, kegiatan ini juga untuk Ranperda Kabupaten Pasbar tentang Penyelenggaraan Pelaksanaan Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan di Kabupaten Pasbar.

Selanjutnya Pansus II, dalam rangka Ranperda tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat dalam Kabupaten Pasbar dan Ranperda Tentang Pembubaran Perusahaan Daerah Mekar Jaya Madina.

Kunjungan Pansus I sebanyak 21 orang ini dipimpin oleh Adiatra (Ketua) dan Yulhendri Dt Putiah (Wakil Ketua). Kemudian dengan anggota, Endra Yama Putra, Edri Syahrinal, Budi Nasko, Sastra Lubis, Satrial N, Muhammad Umar, Syafrizal Mandayu, Jufri Darwis, Syamsul Bahri, Endang Jaya Putra, Hj Yunisra, H Erianto, Suhaidi, M Ihpan, Supriono, Ifdal, Yusdarso, dan Alamsyah Dt Marajo.

Kemudian Pansus II yang diketui oleh, Parizal Hafni, Wakil ketua Endalisman Dt Bagindo Sati, dengan anggota Sukoco, Juniwar, H Yubdi, Dirwansyah, Murdopo, Andri Jaya, Firdaus Dt R Mangkuto, H Risnawanto, Nazir Ikhwan Imbang Langik, Mawardi, Basio, Insan Sabri, Masri, H Anwir Dt Bandaro dan Mansurdin.

Setiap DPRD melakukan Kunker maka instansi terkait selalu kita ikut sertakan karena nantinya berkaitan dengan tugas pokok dan fungsinya,ujarnya.