Pemkab Agam Sediakan 2.400 Paket Sembako

id 2.400 Paket Sembako

Lubuk Basung, (Antara) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) menyediakan sebanyak 2.400 paket sembako untuk diberikan kepada masyarakat ekonomi lemah yang ada di delapan kecamatan di daerah itu pada Ramadhan 1436 Hijriyah.

Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Agam, Muhammad Abril di Lubuk Basung, Jumat, mengatakan ke 2.400 paket ini akan diserahkan kepada masyarakat ekonomi lemah di Kecamatan Tanjung Mutiara, Tilatang Kamang, Matur, Ampek Angkek, Kamang Magek, Ampek Nagari, Sungai Pua dan Banuhampu.

"Kecamatan yang mendapatkan paket ini merupakan daerah yang belum pernah mendapatkan program ini, karena kami tidak bisa mengadakan program ini di 16 kecamatan dengan alasan keterbatasan anggaran dan waktu," katanya.

Dia merinci, pendistribusian paket ini dilakukan di kantor wali nagari atau kepala desa dengan jadwal Kecamatan Kamang Magek pada Rabu (24/6), Kecamatan Tilatang Kamang pada Kamis (25/6), Kecamatan Ampek Angkek pada Jumat (26/6).

Lalu, Kecamatan Sungai Pua pada Senin (29/6), Kecamatan Banuhampu pada Selasa (30/6), Kecamatan Matur pada Rabu (1/7), Kecamatan Ampek Nagari pada Kamis (2/7) dan Kecamatan Tanjung Mutiara pada Jumat (3/7).

Setiap paket, tambah dia, senilai Rp110.000 dan masyarakat hanya menebus sebesar Rp50.000 per paket. Sementara Rp60.000 merupakan subsidi dari Pemkab Agam.

Subsidi ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Agam 2015.

"Masing-masing kecamatan akan mendapatkan sebanyak 300 paket yang berisikan sirup dua botol, gula pasir 2 kilogram, kacang tanah 1,5 kilogram, minyak goreng 2 liter dan lainnya," kata dia.

Selain menyediakan 2.400 paket sembako, Pemkab Agam juga melakukan bazar umum untuk bahan pokok, daging ayam, daging sapi dan telur ayam. Bazar umum ini melibatkan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Agam.

"Bazar umum ini akan kita adakan di halaman kantor Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Agam pada Minggu keempat Ramadhan," katanya.

Ia menambahkan, bazar ini merupakan program tahunan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Agam saat Ramadhan, dengan tujuan untuk membantu masyarakat ekonomi lemah dan menstabilkan harga saat Ramadhan dan jelang Lebaran.

"Ini bentuk kepedulian Pemkab Agam kepada masyarakat ekonomi lemah di Kabupaten Agam," tambahnya. (*)