Sekjen PBB Kutuk Pengusiran Utusan PBB dari Sudan Selatan

id Pengusiran Utusan PBB

PBB, New York, (Antara/Xinhua-OANA) - Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon pada Senin (1/6) mengutuk keputusan Sudan Selatan untuk mengusir Toby Lanzer, Wakil Utusan PBB untuk negeri itu.

Ban menyeru Pemerintah Sudan Selatan agar segera mengubah keputusannya, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa siang. Sekretaris Jenderal PBB tersebut mengatakan Lanzer, yang juga adalah Koordinato Residen PBB di Sudan Selatan, "telah menjadi alat dalam menangani kebutuhan kemanusiaan yang meningkat di dalam masyarakat yang dipengaruhi konflik di negeri itu, dan menjamin bantuan kemanusiaan penyelamat nyawa sampai kepada orang yang paling rentan", kata satu pernyataan yang dikluarkan oleh juru bicara Ban.

Menurut pernyataan itu, masa tugas Lanzer akan berakhir dan Ban pada Jumat mengumumkan pengangkatan Eugene Owusu dari Ghana untuk menggantikan Lanzer.

Toby Lanzer dari Inggris diangkat menjadi wakil utusan khusus Ban di Misi PBB di Sudan Selatan pada 2012 dan akan memangku jabatan Koordinator Kemanusiaan Regional untuk Wilayah Sahel.

Tak ada alasan yang diberikan oleh Sudan Selatan bagi pengusiran Lanzer. (*)