Pemkab Agam Bantu Korban Erupsi Sinabung

id Pemkab Agam Bantu Korban Erupsi Sinabung

Kabanjahe, Sumut, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyerahkan uang tunai sebesar Rp118.518.500, sayur sebanyak 2,5 ton, beras 5,4 ton, pakaian 19 goni, mie instan 19 dus dan lainnya kepada korban erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Kamis (13/2).

Bantuan itu, diserahkan langsung Bupati Agam Indra Catri kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Karo, Saberina Tarigan di Posko Penanganan Eropsi Gunung Sinabung.

Pada kesempatan itu, bupati mengatakan, bantuan yang diberikan ini bentuk partisipasi dan kepedulian masyarakat Kabupaten Agam yang dihimpun selama dua hari di sekolah, masyarakat dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Agam.

"Ini spontanitas masyarakat dan PNS Kabupaten Agam, karena masyarakat Kabupaten Agam sangat merasa derita yang dialami masyarakat Kabupaten Karo," kata bupati.

Ia menyebutkan, Kabupaten Agam juga merupakan daerah rawan bencana alam seperti, banjir, longsor, tsunami, erupsi gunung merapi dan lainnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Karo, Saberina Tarigan mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Kabupaten Agam, atas bantuan yang diberikan ini.

"Saya sangat terharu dengan bantuan dan kepedulian yang diberikan Pemkab Agam kepada masyarakat Karo," katanya.

Bantuan ini, akan langsung diserahkan kepada korban erupsi Gunung Sinabung yang berjumlah 33.192 jiwa dengan 10.322 kepala keluarga. Mereka ini tersebar di Kecamatan Payung, Simpang Empat, Namantran dan Tiganderket.

"Ke-33.192 jiwa ini berada di 43 pos penampungan yang telah disiapkan Pemkab Karo," katanya.

Saberina Tarigan menambahkan, bencana erupsi Gunung Sinabung mengakibatkan 17 korban jiwa, akibat menyeburnya awan panas melanda daerah itu, Sabtu (1/2).

Setelah menyerahkan bantuan, bupati dan rombongan meninjau salah satu lokasi pengungsian. (ari)