Atasi Trauma Korban Banjir Purworejo

id Atasi Trauma Korban Banjir Purworejo

Purworejo Tim DMC (Disaster Management Center) Dompet Dhuafa bersama relawan dari BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Jawa Tengah, menghibur puluhan anak yang mengungsi pada Jumat, (20/12) di Posko Pengungsian Sumber Adventure Club, Desa Sumbersari, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Sebanyak 50 anak-anak yang menjadi korban banjir di Purworejo mengikuti kegiatan trauma healing untuk menyemangati anak-anak agar bangkit dan tidak lagi larut dalam kesedihan akibat banjir yang telah merendam rumahnya. Di dalam kegiatan tersebut, seluruh anak-anak diajak untuk bergembira menikmati berbagai permainan yang memperebutkan hadiah. Semua anak juga menerima mainan, alat tulis, dan buku gambar.

Kegiatan ini adalah program yang sangat bagus karena trauma yang dialami oleh seseorang, khususnya anak-anak tidak bisa dilihat secara langsung seperti kerusakan fisik, kata Supervisor Information and Communication Supervisor DMC DD, Sigit Raharjo ketika ditemui di Yogyakarta.

Selain itu, sebanyak 50 bantuan paket school kits juga dibagikan untuk anak-anak dalam kegiatan tersebut. Supaya sekembalinya ke sekolah lagi, mereka tidak lagi tergganggu dengan keberadaan alat-alat tulisnya. Karena banjir juga telah menghanyutkan peralatan sekolahnya.

Diharapkan, kegiatan trauma healing dan pembagian 50 bantuan paket school kits ini dapat membantu anak-anak yang menjadi korban dalam musibah banjir dapat kembali semangat dalam melakukan aktivitas seperti sediakala. (ina/uyang)