Volunteer Psikologi DD Singgalang, Siap Terjun

id Volunteer Psikologi DD Singgalang, Siap Terjun

Padang - Pasca bergabungnya 40 relawan Psikologi dari Komunitas Smart Care, Rabu (30/10), Dompet Dhuafa Volunteer DD Singgalang kini sudah berjumlah 220 orang.

Kepala Tim Realif Dompet Dhuafa Singgalang, Budi Pratama, mengungkapkan bahwa bergabungnya mereka sangat menguatkan posisi Dompet Dhuafa dalam pembinaan mutahik.

"Kita tahu bahwa permasalah masyarakat dhuafa itu tidak hanya selesai dengan bantuan ekonomi semata, tapi ada juga mental yang harus dibangun dan dibina, agar hidup mereka mampu bergerak lebih baik," katanya pada pertemuan di sekretariat Komunitas Smart Care.

"Ilmu kami ini adalah ilmu terapan, dengan bergabung dengan DDV kami berharap dapat lebih banyak menerapkan ilmu psikologi yang kami dapatkan di bangku kuliah kepada masyarakat langsung," kata Koordinator Komunitas Smart Care, Abi.

Selanjutnya, relawan psikologi ini akan langsung dilibatkan dalam program pembinaan pada para penerima manfaat program Dompet Dhuafa Singgalang. Konseling para mustahik akan menjadi aplikasi lapangan awal bagi mereka. "Mereka akan membimbing para mustahik bidang pemberdayaan ekonomi dan penerima beasiswa pendidikan. Jika terjadi bencana, tim ini juga akan dibentuk menjadi tim trauma healing.

Sementara itu, Branch Manager Dompet Dhuafa Singgalang, Musfi Yendra, mengungkapkan keterbukaannya dalam menyambut para relawan psikologi tersebut. "Ini memberikan titik cerh bagi kami, semakin banyak komunitas yang bergabung maka berbagai permasalahan kedhuafaan akan semakin mudah kita tangani," pungkas Musfi. (winda)