Padang (ANTARA) - Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Sumatera Barat, Andree Algamar memimpin 1.537 Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pelajar membersihkan kawasan Pantai Padang yang dikotori oleh sampah setelah hujan lebat.

Andree Algamar di Padang, Rabu, mengatakan setelah hujan lebat sampah terbawa oleh arus sungai ke laut sehingga mengotori kawasan Pantai Padang.

"Sampah-sampah ini membuat Pantai Padang yang merupakan salah satu objek wisata unggulan menjadi kotor sehingga pengunjung menjadi tidak nyaman. Kita bersama ASN dan pelajar membersihkan sampah ini bersama-sama," katanya.

Ia menyebut aksi bersih Pantai Padang tersebut menunjukkan komitmen dan semangat ASN Pemerintah Kota Padang dan para pelajar untuk turut serta menjaga keindahan dan kebersihan kota, khususnya di kawasan objek wisata.

“Ini juga menunjukkan bahwa pemerintah selalu hadir untuk masyarakat," katanya.

Pj Wali Kota menyebutkan aksi bersih Pantai Padang ini dilakukan para ASN perwakilan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Padang, dan juga pelajar tingkat SD dan SMP di Kota Padang.

Lebih lanjut Andree menambahkan, melalui aksi bersih Pantai Padang tersebut juga diharapkan dapat menjaga pantai dari ancaman sampah laut.

"Kita berharap kelestarian laut tetap terjaga dengan baik. Semoga aksi ini menjadi contoh bagi masyarakat Kota Padang untuk senantiasa menjaga kebersihan pantai dan objek wisata lainnya," katanya.

Selain itu, ia juga mengimbau masyarakat untuk bisa lebih bijak mengelola sampah mulai dari tingkat rumah tangga diantaranya dengan memilah sampah serta tidak membuang ke sungai.

"Sampah yang dibuang sembarangan tidak hanya mencemari lingkungan, tetapi juga terbawa ke laut dan membahayakan ekosistem," ujarnya.

Pewarta : Miko Elfisha
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024