Sawahlunto (ANTARA) - Pemkot Sawahlunto, Sumatera Barat memberikan penghargaan kepada PT. Bukit Asam (PTBA) atas kontribusinya dalam mendukung kinerja dan pelayanan Pemkot Sawahlunto di bidang pangan, pertanian dan perikanan. 

Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan, di Sawahlunto, Selasa menyampaikan Pemkot menilai selama ini PTBA telah memberikan keberpihakan, perhatian dan kontribusi yang nyata serta berkelanjutan dalam berbagai aspek untuk pembangunan kota atau pun kesejahteraan masyarakat.

"Jadi penghargaan ini adalah sebagai wujud apresiasi dan terima kasih Pemkot Sawahlunto kepada PT. Bukit Asam. Sekaligus motivasi mempererat jalinan kemitraan atau kerja sama untuk ke depannya," kata dia. 

Ia menyebut hubungan strategis Pemkot Sawahlunto dengan PTBA mesti terus berlanjut, sebab banyak potensi-potensi kerja sama yang masih perlu diberdayakan.

Piagam penghargaan Pemkot Sawahlunto untuk PTBA itu diserahkan oleh Pj Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan kepada General Manager PT. Bukit Asam Unit Pertambangan Ombilin (PTBA UPO) Yulfaizon, di Lapangan Segitiga, Selasa dalam kegiatan gerakan pasar murah dan bazaar komoditi pangan pertanian dan perikanan dimana pada kegiatan itu PTBA juga menjadi sponsor utama.

"Dengan dukungan PTBA pada kegiatan pasar murah ini yaitu berupa subsidi harga bahan pangan pertanian dan perikanan, sehingga sebanyak 46 Kepala Keluarga (KK) miskin ekstrem di Sawahlunto bisa memperoleh sebanyak lima komoditi dengan potongan harga mencapai separuh atau 50 persen," kata dia merinci.

Melalui dukungan subdisi yang bersumber dari anggaran Corporate Social Responsibility (CSR) PTBA itu, 46 KK miskin ekstrem Sawahlunto tersebut cukup membayar senilai Rp100 ribu, dari harga total sebenarnya yang mencapai Rp200 ribu.

Pj Wali Kota Fauzan Hasan menyebut dari data yang tercatat selama ini, selain mendukung bazaar komoditi pangan dan pertanian, PTBA juga sudah komitmen memberi dukungan kepada mitra binaan terutama yang bergerak di sektor pertanian, seperti perkebunan kopi, peternakan kambing dan sapi, pembudidayaan madu lebah galogalo, dan lain-lain. 

"PTBA sudah menunjukkan konsistensinya pada Sawahlunto. Terima kasih PTBA, ke depan tentu masih banyak yang berpotensi didukung pemberdayaannya melalui partisipasi PTBA," kata dia.

General Manager PTBA UPO Yulfaizon menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan Pemkot Sawahlunto itu.

"PTBA berkomitmen terus berperan serta dalam pembangunan Sawahlunto baik secara fisik maupun non-fisik. Ini implementasi dari spirit tanggung jawab dan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar, apalagi terhadap Sawahlunto yang merupakan daerah lahirnya perusahaan," kata dia.

Sehingga berbagai dukungan baik dari program CSR maupun program lainnya yang diberikan PTBA kepada Sawahlunto akan terus berlanjut dan bisa ditingkatkan serta diperluas aspek jangkauannya.

Yulfaizon menjelaskan tentunya semua dukungan atau bantuan yang diberikan PTBA harus sesuai dengan regulasi/ketentuan yang disepakati perusahaan dan didasarkan kepada keputusan manajemen atau pengambil kebijakan di dalam perusahaan.

Pewarta : Yudha Ahada
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024