Depok, Jawa Barat (ANTARA) - Presiden Joko Widodo memimpin upacara apel Operasi Mantap Brata 2024 untuk pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Senin.

Presiden Jokowi tiba di Mako Brimob pada pukul 08.13 WIB dan disambut langsung Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Presiden tampak mengenakan topi baret Brimob Polri dan berjas hitam.

Kemudian, Presiden Jokowi dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto memasuki wilayah upacara secara bersama-sama dengan menggunakan mobil Pindad Maung.

Di belakangnya diikuti Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dengan jenis mobil yang sama.



Setibanya di lapangan upacara, pembawa acara mempersilakan Presiden Jokowi menjadi pemimpin upacara apel yang dihadiri sekitar 15.000 personel Polri tersebut.

"Pimpinan apel Presiden Joko Widodo," kata pembawa acara.

Dalam apel ini, Presiden Jokowi menerima penghargaan Loka Praja Samrakshana dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo karena telah berperan besar dalam pengembangan organisasi Korps Bhayangkara.



Selain itu, Presiden juga menganugerahkan Tanda Kehormatan Nugraha Sakanti kepada tujuh satuan kerja Polri, yaitu Bareskrim, Baharkam, Korbrimob, Divisi Hubungan Internasional, Korlantas, Densus 88 Antiteror, dan Pusdokkes.

Penghargaan diserahkan secara langsung kepada masing-masing pimpinan satuan kerja.

Pada akhir acara, beberapa satuan kepolisian mendemonstrasikan beberapa persiapan pengamanan upacara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

Acara tersebut turut dihadiri sejumlah petinggi, di antaranya Wakapolri Komjen Agus Andrianto, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Mendagri Tito Karnavian, Asisten Utama Kapolri Bidang Operasi Irjen Verdianto Bitticaca, Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Dedi Prasetyo, Komandan Pasukan Pelopor Korbrimob Polri Irjen Waris Agono, dan Irwasum Polri Komjen Ahmad Dofiri.



Sekitar 15.000 personel yang hadir dalam acara tersebut berasal dari 16 batalion, meliputi:
Batalion 1: Pati dan Pamen Polri
Batalion 2: Pama Polri
Batalion 3: Polwan Mabes Polri
Batalion 4: Korsabhara Baharkam Polri
Batalion 5: Korpolairud Baharkam Polri
Batalion 6: Taruna Akpol
Batalion 7: Pasukan Gegana Korbrimob polri
Batalion 8: Pasukan Pelopor Korbrimob Polri
Batalion 9: Densus 88 Antiteror Polri
Batalion 10: Divhubinter Polri
Batalion 11: Bareskrim Polri
Batalion 12: Korlantas Polri
Batalion 13: Pamobvit Baharkam Polri
Batalion 14: Korbinmas Baharkam Polri
Batalion 15: Pusdokkes Polri
Batalion 16: Sekolah Pembentukan Perwira

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden Jokowi pimpin apel pengamanan pelantikan Prabowo-Gibran

Pewarta : Nadia Putri Rahmani
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024