Padang Aro (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Solok Selatan, Sumatra Barat memberikan edukasi keselamatan berlalu lintas kepada pelajar melalui program inovatif "Sibadut Keselamatan Berlalu Lintas" (SIBASEL).

Kapolres Solok Selatan, AKBP Arief Mukti Surya Adhi Sabhara, mengatakan program ini merupakan upaya untuk menanamkan kesadaran tertib berlalu lintas sejak dini kepada pelajar saat menyeberang jalan dan berkendara menuju sekolah.

"Melalui SIBASEL, kami ingin para pelajar memahami pentingnya keselamatan saat berada di jalan raya," katanya.

Cara unik yang diterapkan oleh Satlantas Polres Solok Selatan adalah dengan menggunakan kostum badut yang menyerupai seragam polisi. 

Inisiatif ini tidak hanya menarik perhatian pelajar, tetapi juga membuat edukasi keselamatan berlalu lintas menjadi lebih menyenangkan dan mudah diterima.

Sibadut katanya, akan hadir di setiap sekolah di Solok Selatan, mulai dari tingkat SD, SLTP, hingga SLTA untuk menemani dan mengawasi pelajar saat menyeberang jalan maupun saat berkendara.

Ia mengimbau seluruh masyarakat untuk selalu memprioritaskan keselamatan saat berkendara dan mematuhi aturan lalu lintas. 

"Pakai helm saat mengendarai sepeda motor dan alat keselamatan lainnya adalah hal yang wajib sebab keselamatan adalah yang utama," ujarnya.

Kepala Sekolah SD 06 Durian Tarung Nurleni mengatakan, para guru dan orang tua merasa sangat terbantu dengan kehadiran SIBASEL. 

"Kami merasa lebih aman saat melepas anak-anak ke sekolah, karena ada yang menjaga dan mengawasi mereka di jalan," ujarnya.
 

Pewarta : Erik Ifansya
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024