Painan (ANTARA) - Pjs Bupati Pesisir Selatan,  Era Sukma Munaf bertemu sekaligus berdialog dengan korban banjir di Kampung Batu Bala,  Nagari  Gantiang Mudiek Utara, Kecamatan Sutera,  Selasa (1/10). 

Pada kesempatan itu Pjs Bupati Era Sukma Munaf didampingi  Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian, Mimi Riarty Zainul, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pesisir Selatan, Yuskardi, Camat Sutera, Dailipal dan Forkopimca setempat. 

Para korban banjir di Kampung Batu Bala itu berharap kepada pemerintah segera memperbaiki rumahnya yang rusak diterjang banjir bandang pada 7-8 Maret lalu. 

Harapan korban banjir di Kampung Batu Bala itu langsung ditanggapi Pjs Bupati Era Sukma Munaf. Ia mengatakan bahwa pemerintah pusat telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 37 miliar untuk perbaikan rumah yang rusak akibat banjir di Kabupaten Pesisir Selatan. 

Tentu pencairan anggaran terbatas harus melalui mekanisme yang  ada seperti dilakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada korban, membuat rekening di bank dalam hal ini Bank Mandiri dan lainnya.

"Dalam bulan Oktober ini akan dilakukan sosialisasi kepada korban banjir. Kemudian proses perbaikan rumah yang rusak akibat banjir itu segera dilaksanakan.  Jadi kepada korban banjir kita berharap untuk bersabar , karena prosesnya terus berjalan, " katanya. 

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pesisir Selatan, Yuskardi mengatakan,  anggaran sebesar Rp 37 miliar yang dialokasikan pemerintah pusat itu akan digunakan untuk perbaikan rumah yang rusak berat, sedang dan ringan diterjang banjir. 

Disebutkan, setelah dilakukan verifikasi dan validasi terhadap rumah yang rusak akibat banjir, maka ditetapkan sebanyak 1.240 unit rumah yang akan diperbaiki oleh pemerintah pusat.  

"Verifikasi dan validasi rumah rusak akibat bencana banjir itu dilakukan oleh tim teknis yang terdiri dari Dinas PUPR,  BPBD,  Dinas Perkimtan dan LH serta unsur terkait lainnya, " ungkap Yuskardi. 


Pewarta : Rls
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024