Lubukbasung (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Sumatera Barat memfasilitasi sebanyak 128 ribu eksemplar bahan kampanye berupa selebaran, brosur, pamflet dan poster bagi pasangan calon bupati dan wakil bupati yang maju pada Pilkada 2024.
 
"Ini sesuai keputusan KPU Agam Nomor 380/PL.02.2-SD/1306/2/2024 perihal fasilitas alat paraga kampanye bahan kampanye dan iklan media massa," kata Ketua KPU Agam Herman Susilo di Lubuk Basung, Rabu.
 
Ia mengatakan ke 128 ribu eksemplar bahan kampanye dengan ukuran 8,22 X 21 centimeter sebanyak 32 ribu eksemplar, brosur dengan ukuran 21 X 29,7 centimeter 32 ribu eksemplar.
 
Lalu pamflet dengan ukuran 21 X 29,7 centimeter 32 ribu eksemplar dan poster ukuran 40 X 60 centimeter 32 ribu eksemplar.
 
Untuk disain bahan kampanye dibuat dan dibiayai oleh partai politik peserta pemilu atau gabungan partai politik peserta pemilu, pasangan calon dan tim kampanye sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan oleh KPU Agam.
 
Disain pada bahan kampanye dapat memuat nama dan nomor pasangan calon, visi misi dan program pasangan calon, foto pasangan calon dan tanda gambar partai politik peserta pemilu atau gabungan partai politik peserta pemilu atau foto pengurus partai politik peserta pemilu dan gabung partai politik peserta pemilu.
 
"Disain pada bahan kampanye yang kita cetak dapat memuat setiap pasangan calon," katanya.
 
Ia menambahkan KPU Agam juga memfasilitasi bahan kampanye berupa papan reklame lima buah setiap kabupaten dengan ukuran menyesuaikan tempat.
 
Setelah itu umbul-umbul 20 buah setiap kecamatan dengan ukuran 0,75 X 2 meter dan spanduk dua buah setiap nagari dengan ukuran 1 X 4 meter.
 
"Kita juga memfasilitasi iklan kampanye di media masa dengan ketentuan yang ada," katanya.
 
Ia mengakui masa kampanye selama 60 hari dimulai dari 25 September dampai 23 November 2024 dan pemilihan pada Rabu (27/11).
 
Pilkada serentak 2024 diikuti empat pasangan calon bupati dan wakil bupati. Nomor urut satu diterima oleh pasangan atas nama Guspardi Gaus-Yogi Yolanda diusul Partai Hanura, PKB, PDI P, Buruh dan Ummat. Pasangan nomor urut dua atas nama Benni Warlis-Muhammad Iqbal diusul PKS dan PPP.
 
Sedangkan nomor urut tiga atas nama Andri Warman-Martias Wanto diusul PAN, Golkar, Gerinda dan PBB. Pasangan nomor urut empat atas nama Irwan Fikri-Asra Faber diusul Partai NasDem dan Demokrat.
 
"Mari datang ke tempat pemungutan suara untuk memberikan hak pilih," katanya.
 

Pewarta : Yusrizal
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024