Sarilamak (ANTARA) -
Dalam upaya meningkatkan nilai tambah produk peternakan lokal, tim dosen dari Fakultas Peternakan Universitas Andalas (UNAND) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakar menyasar usaha ternak kambing ANDALEH FARM pada 1 Oktober 2024.
 
Pengabdian ini merupakan rangkaian kegiatan Dies Natalis Fakultas Peternakan Universitas Andalas ke -61. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan dalam diversifikasi produk susu kambing pasteurisasi dengan berbagai varian rasa.
 
Diversifikasi produk susu kambing ini meliputi pembuatan susu pasteurisasi dengan beragam rasa stroberi, cokelat, vanilla, dan berbagai rasa unik lainnya. Produk ini diharapkan mampu menarik minat konsumen, terutama generasi muda, untuk mengkonsumsi susu kambing yang kaya akan nutrisi.
 
Ketua Tim pengabdian masyarakat , El Latifa Sri Suharto, S.Pt., M.Si, menjelaskan bahwa diversifikasi produk ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan daya saing usaha ternak kambing di tingkat lokal maupun nasional. 
 
"Susu kambing memiliki banyak manfaat kesehatan, namun masih belum begitu diminati karena kurangnya inovasi rasa. Dengan menghadirkan varian rasa yang menarik, kami berharap produk susu kambing dari ANDALEH FARM dapat lebih diterima oleh masyarakat luas," ujar El Latifa. 
 
Pemilik ANDALEH FARM, Giant, mengapresiasi kegiatan pengabdian ini dengan baik. "Kami sangat terbantu dengan pendampingan dari tim UNAND. Kini, kami bisa menawarkan produk susu kambing yang lebih variatif dan menarik bagi konsumen. Kami optimis, produk ini akan mampu bersaing di pasar dan memberikan manfaat ekonomi bagi usaha kami," ungkapnya penuh semangat.
 
Kegiatan pengabdian ini merupakan salah satu bentuk kontribusi nyata Fakultas Peternakan UNAND dalam mengembangkan industri peternakan di Kabupaten 50 Kota. Dengan kolaborasi antara akademisi dan peternak lokal, diharapkan produk olahan susu kambing dari ANDALEH FARM dapat semakin dikenal dan meningkatkan pendapatan usaha susu kambing ANDALEH FARM.*
 
 
Penulis : El Latifa Sri Suharto, S.Pt., M.Si dan Tim PkM Peternakan Unand

Pewarta : Rilis
Editor : Miko Elfisha
Copyright © ANTARA 2024