Jakarta (ANTARA) - Tiga pewarta Kantor Berita Antara kembali menorehkan prestasi dalam ajang Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari (AJSB) 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada Jumat (27/9) di Jakarta untuk kategori foto dan kategori media online. Dua di antaranya, Sinta Ambarwati dan Fitra Yogi, berhasil memperoleh penghargaan ini untuk tahun kedua berturut-turut.
 
Sinta Ambarwati, pewarta LKBN Antara, meraih juara pertama di kategori media online melalui karya jurnalistiknya yang berjudul "Mengolah lahan mangkrak jadi tambak nila salin ramah lingkungan". Sementara itu, Fitra Yogi, fotografer Antara Foto, meraih penghargaan di kategori foto jurnalistik dengan karya yang berjudul "Pencegahan Sampah Mengalir ke Laut*, yang menempati posisi kedua. Andreas Fitri Atmoko meraih juara ketiga di kategori yang sama dengan karya bertajuk "Transplantasi Terumbu Karang di Pulau Bunaken".
 
Sinta Ambarwati, dalam pernyataannya menyampaikan rasa syukur dan harapannya. 
 
“Terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh KKP. Ini adalah kebanggaan besar bagi saya, dan saya berharap capaian ini dapat memicu jurnalis Antara untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi terbaik bagi publik. Satu Jiwa, Satu Antara,” katanya.
 
Senada dengan Sinta, Fitra Yogi atau yang dikenal dengan panggilan Iggoy menyampaikan rasa syukurnya.
 
“Terima kasih untuk Kementerian Kelautan dan Perikanan atas apresiasinya. Tahun ini saya masih diberi kesempatan untuk merebut juara tiga besar di ajang AJSB 2024. Ini merupakan penghargaan ketiga saya berturut-turut sejak tahun 2022," ujar Iggoy. 
 
Iggoy juga berharap prestasi ini memotivasi pewarta Antara lainnya.
 
"Semoga ajang ini memotivasi para jurnalis Antara untuk tidak hanya menghasilkan karya terbaik, tetapi juga memperkenalkan jurnalistik kita ke khalayak yang lebih luas," harap Iggoy.
 
Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari 2024, yang mengusung tema "25 Tahun Transformasi Kelautan dan Perikanan", diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai daerah di Indonesia. 
 
Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik, Doni Ismanto Darwin, menjelaskan bahwa proses penjurian berlangsung ketat. "Karya-karya yang masuk sangat beragam dari segi angle dan kualitas penyajiannya. Proses penjurian berjalan alot karena para peserta menunjukkan kualitas jurnalistik yang tinggi," ungkap Doni.
 
Doni juga menegaskan bahwa AJSB merupakan arahan langsung Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, untuk meningkatkan sinergi dan keterbukaan KKP terhadap media. 
 
Dalam puncak acara yang berlangsung di Gedung Mina Bahari III, Jakarta, Menteri Trenggono secara langsung menyampaikan apresiasinya kepada para pemenang AJSB.
 
“Selamat kepada para pemenang, dan terima kasih atas kontribusinya dalam mengangkat sektor kelautan dan perikanan, khususnya program ekonomi biru," ujar Menteri Trenggono.
 
Dengan keberhasilan ini, diharapkan para pewarta Antara semakin termotivasi untuk terus menciptakan karya jurnalistik berkualitas, yang tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat, tetapi juga mampu memperkuat sektor kelautan dan perikanan Indonesia.

Pewarta : Cathelya
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024