Padang Panjang (ANTARA) - Tahapan kampanye Pilkada serentak 2024 sesuai jadwal dan tahapan akan dimulai pada tanggal 25 September. Pasangan calon walikota dan Wakil walikota Padang Panjang yang sudah mendapatkan nomor urut setelah ditetapkan KPU Padang Panjang, Sumatera Barat, diingatkan mematuhi aturan selama tahapan kampanye.



Ketua Divisi Teknis KPU Padang Panjang, Gunawan, S.Pd mengatakan pasangan calon yang telah ditetapkan bersama dengan nomor urutnya diperbolehkan kampanye direntang waktu antara tanggal 25 November sampai tanggal 23 November.



“Di luar pada itu, belum diperkenankan untuk berkampanye. Kalau jadwal kampanye setelah masing-masing calon melaporkan STTP ke Polres Padang Panjang dan melaporkannya ke KPU Padang Panjang,” ungkap Gunawan.



Menurut Gunawan, sesuai ketentuan, terkait rapat umum hanya dilaksanakan satu kali, sedangkan untuk jadwal debat, KPU Padang Panjang belum menetapkan jadwal waktu dan tempat,



“Untuk debat, belum dijadwalkan karena kita akan rapat koordinasi dulu dengan pihak-pihak terkait, terutama dengan pasangan calon. Setelah penetapan nomor urut dan sebelum memasuki masa kampanye, KPU Padang Panjang akan melaksanakan kampanye damai, Selasa (24/9) di lapangan Khatib Sulaiman Bancah Laweh,” jelas Gunawan.



Gunawan, menambahkan pasangan calon harus melaporkan daftar tim kampanye ke KPU Padang Panjang, termasuk tim relawan Paslon.



“Diregulasi kampanye sekarang, relawan wajib juga di daftarkan ke KPU,” kata Gunawan.



Gunawan mengingatkan Paslon untuk mematuhi semua tawuran kampanye, termasuk pemasangan alat peraga kampanye (APK) untuk tidak dipasang di lokasi-lokasi yang memang dilarang.



Senin, (23/9) KPU Padang Panjang melalui rapat pleno terbuka telah menetapkan nomor urut pasangan calon walikota dan wakil walikota Padang Panjang untuk Pilkada serentak 2024 diantaranya nomor urut 1 paslon Edwin-Albert, nomor urut 2 Drs. Nasrul-Eri Dt Majo Endah dan nomor urut 3 Hendri Arnis-Alex Saputra. 
 
 
 

Pewarta : Isril Naidi
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024